YOGYAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Dr. H. Ma’ruf Cahyono, SH., MH., menyerahkan hadiah Lomba Academic Constitutional Drafting 2019 dan Lomba Debat Konstitusi 2019 yang diselenggarakan oleh MPR dalam rangka memperingati Hari Konsitusi 2019 beberapa waktu lalu.

Prosesi penyerahan hadiah ini dilakukan, Rabu (11/9/20019), pada acara puncak Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 di Grha Sabha Permana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta.

Tidak kurang dari tiga ribu mahasiswa dan undangan menyaksikan peristiwa ini. Di antara mereka itu terdapat tamu kehormatan, yaitu Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono beserta para mahasiswa dan sivitas akademi UGM. Puluhan siswa-siswi SLTA juga tampak di antara para pengunjung itu.

Dalam suasana yang meriah itulah Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang, yang dalam hal ini diwakili oleh tiga peraih gelar juara. Untuk juara pertama lomba Debat Konstitusi diraih oleh Universitas Sumatera Utara diwakili mahasiswa USU Febry Indra Gunawan. Kemudian hadiah juara pertama lomba Academic Constitutional Drafting yang dimenangkan UNDIP Semarang diterima oleh mahasiswa UNDIP Farid Ibrahim. Sementara UGM sebagai juara Akademic Constitutional Drafting untuk kategori naskah terbaik, hadiahnya diterima oleh Jery Hutagalung.

Lembaga negara MPR memang menjadi bagian dari acara Festival Konstitusi & Anti Korupsi 2019 bersama KPK, MK, dan UGM berperan sebagai tuan rumah. Festival mengusung tema: Ukir Jejak Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi, ini dibuka secara resmi oleh Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X, dilanjutkan pemukulan gong didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono.

Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, selaku tuan rumah menjelaskan, Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 ini telah dimulai sejak kemarin, Selasa (10/9/2019). Diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Diskusi Panel bertema Evaluasi Pelaksanaa UUD NRI Tahun 1945, Talkshow, serta Pameran Perustakaan yang diikuti oleh MPR, KPK, MK, dan UGM.

Sedangkan pada hari ini, Rabu (11/9/2019), yang sekaligus hari terakhir kegiatan Festival Konstitusi dan Anti Korupsi, selain diisi penyerahan untuk pemenang lomba Debat Konstitusi dan lomba Academic Constitutional Drafting, juga di isi dengan kegiatan penandatangan Fakta Integritas Anti Korupsi.

Untuk kegiatan deklarasi anti korupsi naskahnya ditandatangani oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Aswanto, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono, dan Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, disaksikan Sultan Hemengku Buwono. "Hari ini dari Yogya kita gaungkan gerakan anti korupsi untuk dunia," ungkap Sultan Hamengku Buwono dalam sambutannya.

Dan, puncak kegiatan Festival Konstitusi dan Anti Korupsi ini adalah Talkshow dengan tema Ukir Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi. Acara yang dipandu oleh presenter kondang Valerina Daniel ini menghadirkan narasumber: Agus Raharjo, Ma’rut Cahyono, Aswanto, dan Prof. Panut Mulyono. Acara talkshow ini disimak oleh ribuan mahasiswa dan sivitas akademika UGM.***