JAKARTA - Calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir diklaim mendapat dukungan dari 60 voters. Dukungan itu sudah cukup untuk Erick menang di kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dari total 87 voters yang mempunyai hak suara.

Erick Thohir sudah resmi mendaftarkan diri maju sebagai Calon Ketua Umum PSSI di Gelora Bung Karno Arena Jakarta pada Minggu (15/1/2023). Menteri BUMN itu datang didampingi berbagai voters yang ikut mengusungnya.

"Kami dari SFC Liga 2 mendukung Pak Erick Thohir karena terus terang selama ini kalau kita melihat selesai pandemi, kalo tidak ada Erick Thohir dengan bantuan tidak ada terjadi Liga 1 dan Liga 2," kata Presiden Sriwijaya Hendri Zainudin saat mendampingi Erick mendaftar caketum PSSI di GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

"Untuk itu bagi kami komitmennya jelas. Kami SFC mendukung Erick Thohir. Ada 60 voters. (Nisa) menang mutlak," sambungnya.

Sedangkan, perwakilan Persib Bandung Teddy Tjahjono mengatakan, Erick Thohir bukanlah sosok yang asing di sepak bola.

Menurutnya, mantan Bos Inter Milan itu berjasa bagi Maung Bandung. "Erick Thohir buat Persib bukan sosok yang baru. Karena dari awal berdirinya PT Persib 2011 Pak Erick sudah 8 tahun bergabung dengan Persib, memberikan kontribusi yang sangat banyak di persib hingga 2019," ucap Teddy.

"Jadi bukan sosok yang asing. Kami mendukung Pak Erick karena kami percaya Pak ET bisa membenahi semua persoalan sepakbola Indonesia," ucapnya.

Sementara, Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir maju sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI).

Kaesang ikut langsung mengantarkan Erick mendaftar sebagai calon Ketum PSSI di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Senayan, Jakarta. "Memang kami dukung Pak Erick," kata Kaesang saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Kaesang memuji dampak yang diberikan Erick kepada Persis Solo. Kata dia, meski Erick belum lama bergabung dengan Persis Solo, tetapi kontribusinya sudah sangat luar biasa. "Walaupun Pak Menteri itu baru ada satu tahun lah lebih di Persis Solo tapi impact yang beliau berikan ke Persis Solo sangat luar biasa," ucapnya.

"Jadi saya rasa beliau bisa untuk memimpin PSSI," kata Kaesang Pangarep.

Kaesang dan Erick memiliki kepemilikan saham di PT Persis Solo Saestu (PSS). Kaesang mencatat kepemilikan saham sebesar 40 persen. Sementara, Erick Thohir tercatat mempunyai kepemilikan saham sebesar 20 persen.***