PADANG - Longsor terjadi di Kelok Jariang kilometer 26, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat pada Kamis (17/8/2023) sekitar 17.00 WIB. Akibatnya, jalur lintas Padang menuju Bengkulu via (melalui) Painan, Pesisir Selatan (Pessel), putus total.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Kepolisian Sektor Bungus Teluk Kabung Kompol Al Indra membenarkan longsoran tanah menutup badan jalan di Kelok Jariang, hingga akses Padang-Bengkulu melalui Pessel terputus.

"Akses jalan putus total dari kedua arah baik dari Padang ataupun Painan," kata Kompol Al Indra di Padang, Kamis malam, seperti dilansir Antara.

Longsor terjadi akibat tingginya curah hujan di kawasan setempat. Material longsor berupa lumpur dan pohon menutupi badan jalan dengan ketinggian satu meter lebih serta lebar sekitar 20 meter.

Hingga Kamis malam jalan penghubung dua provinsi (Sumatera Barat-Bengkulu) itu masih tertutup material longsor dan tidak bisa dilalui kendaraan sama sekali. Proses pembersihan material longsor dilakukan warga dan petugas gabungan secara manual, tanpa bantuan alat berat.

Dituturkan Indra, akibat longsor, terjadi antrean panjang kendaraan mencapai satu kilometer dari dari Padang maupun Painan.

"Jika alat berat sudah mulai bekerja nanti, kami yang masih di lokasi akan membuka arus secara bertahap dengan sistem buka tutup," jelas Indra.

Tidak ada korban jiwa ataupun kerugian materil akibat bencana tanah longsor di Kelok Jariang tersebut.***