SIAK SRI INDRAPURA - Kabupaten Siak terkenal memiliki banyak anak muda kreatif dalam berbagai bidang termasuk ekonomi dan pariwisata. Untuk menyalurkan kreatifitas anak muda Siak ini, sudah ada komunitas atau rumah resminya yakni Kito Siak.

Komunitas dibawah koordinasi dan pembinaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Siak ini baru mendapat SK dari Bupati Siak yang kemudian dikukuhkan secara resmi di Ruang Sri Indrapura, Kantor Bupati Siak, Jumat (30/8/2019).

Bupati Siak, Alfedri menyebutkan rumah bagi komunitas anak anak kreatif ini memang lebih dulu dikukuhkan dari pada Provinsi. Sebab, ide atau gagasan mendorong kreatifitas anak muda ini sudah dimulai sejak kepemimpinan Bupati Siak, Syamsuar.

Bahkan tahun 2017, Syamsuar sudah mengajak kawan-kawan di komunitas ekonomi kreatif ini untuk ke bandung kreatif city forum. Di situ banyak belajar, melihat, mengamati.

"Tentu pada akhirnya ini bisa mendorong menggerakkan kreativitas pemuda, dan juga ini semua bisa di tingkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya para pemuda," kata Alfedri.

Oleh sebab itu, lanjut Alfedri, sepulangnya dari Bandung menggeliat kreatifitas-kreatifitas pemuda di Kabupaten Siak ini, sehingga banyak di Siak ini diamati oleh Badan Ekonoki Kreatif (Bekraf). Dan Siak ditunjuk oleh bekraf menjadi 5 koperasi ikon di Indonesia, ikon ini inovatif kreatif melalui kolaborasi nasional.

"Alhamdulillah di tim ikon ini banyak para pakar dan ahli yang selama 4 bulan membina para pemuda di kabupaten Siak, makanya banyak produk-produk komuniti yang dihasilkan oleh kawan-kawan ini di16 sektor ekonomi kreatif, mulai dari fashion, design begitu juga kuliner, kria, seni pertunjukan, fotografi, termasuk film," pungkasnya.

Hadir dalam acara pengukuhan ini, Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Budhi Yuwono, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni, Geliat Kreatif Spedagimovement dan Mukarabi Singgih S Kartono beserta tim, Pimpinan OPD terkait, Seluruh NGO dan CSO, serta Sedagho Siak.

Jajaran pengurus Forum Kito Siak masa bakti 2019-2021, Ketua Musrahmad, Wakil Ketua Harian Tengku Said Eka Nusirhan, Komisi Sumber Daya Manusia Devi Pratiwi, Komisi Tekhnis Muhammad Rasyid, Komisi Riset dan Pengembangan Deni Apriadi, Komisi Hak dan Kekayaan dan Regulasi Erwin, Komisi Antar Lembaga Said Dharma Setiawan.***