BANGKINANG - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Zulmansyah Sekedang meminta pejabat tidak melayani oknum wartawan yang tidak menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan tidak bekerja secara profesional. Supaya tidak membuang-buang tenaga, sebaiknya pejabat yang sudah mengetahui wartawan seperti itu, tidak melayani ''adu urat syarat''.

Demikian disampaikannya saat memberi sambutan pada pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kampar masa bhakti 2017-2020 di aula Rumah Dinas Bupati Kampar di Jalan Prof. M Yamin,SH, Bangkinang, Kamis (1/3/2018).

''Apabila ada oknum wartawan yang dinilai bekerja tidak sesuai koridor dan kode etik, silahkan dilaporkan,'' tegasnya.

Sementara itu, kepada pengurus PWI Perwakilan Kampar yang baru, dia berpesan agar konsisten menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers serta bekerja secara profesional. ''Karena itu, PWI perwakilan harus fokus pada pendidikan dan pelatihan bagi para wartawan termasuk uji kompetensi,'' jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng mengatakan, Pemkab Kampar siap merangkul PWI sebagai organisasi wartawan terbesar dan tertua di tanah air. Selain terus bersinergi dan mengawal gerak pembangunan di Kampar, Pemkab Kampar juga berharap anggota PWI di Kampar terus menjaga komitmen dan profesionalitas profesinya. Pemkab, menurut Catur, juga akan mendengarkan setiap masukan dan aspirasi dari PWI Kampar.

"Selamat kepada pengurus yang sudah dilantik. Kami berharap, para wartawan di Kampar terus menjalankan kerja jurnalistik secara profesional serta ikut berperan dalam pembangunan di Kabupaten Kampar," ucap Catur.

Ketua PWI Kampar Akhir Yani juga menyampaikan kesiapannya untuk bersinergi dengan Pemkab Kampar dan semua pihak dalam rangka membawa Kampar menjadi lebih baik sesuai dengan tema pelantikan ''Bersama PWI Kita Bangun Kampar Lebih Baik''.

Selain Wakil Bupati Kampar dan Ketua PWI Riau, pelantikan juga dihadiri Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri dan sejumlah anggota, Wakapolres Kampar, Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Kepala Kantor Kemenag Kampar, Ketua PN Bangkinang, Ketua DPK Apindo Kampar Muhammad Amin, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Kampar, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, ketua paguyuban, pimpinan perusahaan, dan ratusan undangan lainnya.

PWI Kampar 2017 - 2020 diketuai Akhir Yani dengan Sekretaris Molli Wahyuni, Bendahara Dedi Irawan, Wakil Sekretaris Zainul Azis, Wakil Bendahara Ari Amrizal, Wakil Ketua H Khairuddin Domo, Herman Jhoni, Rina Dianti Hasan dan Adi Jondri Putra. Serta dilengkapi dengan pengurus seksi dan bidang. ***