BOGOR - Tim pelatih PS TIRA memberikan materi tambahan dalam sesi latihan di Lapangan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/1/2021). Materi yang dimaksud yaitu olahraga yoga yang dilaksanakan sebelum latihan pagi dimulai.

Asisten pelatih Laskar Padjajaran Miftahudin Mukson menyebut pemberian materi yoga bukan tanpa alasan. Ia menilai yoga dapat memberikan banyak manfaat terhadap para pemain, terutama untuk menjernihkan pikiran.

"Untuk merefresh pemain, supaya kebugaran mereka tetap terjaga. Karena sebenarnya kita ada agenda uji coba, tapi batal karena adanya PPKM diperpanjang. Jadi, kita pindah ke yoga ini agar pemain juga tahu, latihan itu tidak melulu itu-itu saja," kata Miftah seperti dikutip pssi.org.

Materi tambahan ini disambut baik oleh para pemain. Penyerang PS TIRA, Dimas Drajad mengaku senang bisa melakukan yoga untuk pertama kali sebelum latihan, agar bisa menjernihkan pikiran agar tidak jenuh.

"Senang sekali bisa Yoga sebelum latihan utama. Ini pengalaman pertama dan sangat bermanfaat untuk melemaskan otot-otot sebelum kita latihan dengan materi utama dari tim pelatih. Saya harap ada kegiatan seperti ini lagi, agar tidak jenuh juga karena kompetisi belum ada kepastian," ungkapnya.

Sementara itu instruktur yoga Retno Wulandari menilai yoga dapat memberikan banyak manfaat khususnya kepada para pemain sepak bola, di antaranya memberikan rileksasi terhadap otot-otot keras yang sudah diforsir di latihan.

"Tadi yoga untuk para pemain sepak bola fokus kepada kekuatan otot kaki, sekaligus peregangan otot kaki. Sangat bermanfaat menjaga otot-otot agar tetap stabil. Untuk meditasinya, yoga baik sekali untuk rileksasi baik jiwa dan raga pemain, karena biasanya mereka latihan ekstra keras," tutupnya. ***