PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir mengatakan, bahwa KPU kabupaten/kota di Riau sudah mulai berkonsultasi mengenai anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 kepada pemerintah setempat.

Dijelaskan Ilham, dari sembilan kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada, Kabupaten Bengkalis diperkirakan menelan biaya tertinggi, yakni Rp54 miliar.

"Jadi sudah mulai konsultasi anggaran ke pemda, dan diperkirakan nanti Pilkada Bengkalis yang akan menelan biaya yang cukup banyak. Sementara yang terendah itu Pilwako Dumai, yaitu Rp21 miliar," katanya di Pekanbaru, Selasa (13/8/2019).

Ilham juga menjelaskan, bahwa sejauh ini, pihaknya belum meminta bantuan pendanaan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk pelaksanaan Pilkada.

"Kalaupun ada kita minta, nantinya anggaran bantuan Pemprov itu digunakan untuk memsupervisi pengawasan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, ada sembilan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau akan menggelar Pilkada pada 2020 mendatang. Sembilan daerah itu antara lain Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Kota Dumai, Rokan Hilir dan Rokan Hulu.***