SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Riau ke-39 tahun 2020 mendatang, hal itu berdasarkan keputusan hasil rapat LPTQ Provinsi Riau beberapa waktu lalu di Pekanbaru.

Dengan telah ditunjuknya Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai tuan rumah MTQ 2020, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim meminta seluruh OPD terkait yang dipimpin Sekda Meranti dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

"Saya minta Bappeda dapat merencanakan dengan baik begitu juga OPD terkait yang diketuai oleh Sekda," ucap Wabup Said Hasyim, Senin (26/8/2019).

Wabup juga mengharapkan peran aktif masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan agar saat pelaksanaanya nanti Meranti terlihat bersih, indah dan asri. Kemudian diingatkan kepada maayarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan ditindak tegas sesuai Perda oleh Petugas Satpol PP Meranti. 

"Kepada Satpol PP selain menegakkan Perda juga memantau masyarakat yang membuang sampai sembarangan lakukan penindakan, Perda-nya sudah ada silahkan dijalankan," tegasnya.

Untuk mengawasi masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan, Pemkab Meranti berencana akan memasang CCTV di area tertentu dalam hal ini Wabup meminta Dinas LHK untuk segera merealisasikan. Termasuk juga mambuat managemen pengelolaan sampah yang baik dengan memberdayakan seluruh petugas kebersihan yang seperti laporan warga banyak tak bekerja. 

"Kepada Dinas LHK atur managemen yang baik tentang pengelolaan sampah, dan kepada petugas kebersihan dapat memaksimalkan tugas karena dari laporan yang saya terima banyak yang tidak bekerja," jelas Wabup.

Selain itu Wabup meminta juga peran aktif Camat dan Kades/lurah dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Begitu juga Ormas dan LSM dapat membuat gerakan malu membuang sampah.

"Jadikan momentum persiapan MTQ 2020 ini untuk menjadikan Meranti bersih bebas sampah," pungkasnya.***