PEKANBARU - Sebanyak 150 atlet junior dan senior cabang olahraga (cabor) catur mengikuti Kejuaraan Kota (Kejurkot) Catur 2018 yang digelar Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pekanbaru, Riau.

Ketua Harian Pengkot Percasi Pekanbaru, Sofie Udin menuturkan, kejuaraan catur yang diikuti oleh atlet junior dari usia 8 tahun hingga senior ini merupakan ajang seleksi untuk persiapan menghadapi Kejurprov Catur.

"Dalam kejuaraan ini ada delapan kelas yang kita pertandingkan, dan setiap kelasnya dibagi berdasarkan kelompok usia. Dari setiap kelas, kita akan mencari 10 atlet terbaik untuk mengikuti Kejurprov Catur," tuturnya.

Sofie melanjutkan, pada Kejurprov Catur tahun ini yang akan berlangsung dari tanggal 2 Agustus sampai 6 Agustus 2018 mendatang di Kota Pekanbaru, pihaknya menargetkan juara umum.

"Kejurprov catur tahun 2017 lalu, kita hanya mampu berada di posisi kedua, kalah dari Kabupaten Pelalawan. Sedangkan untuk tahun ini kita menargetkan menjadi juara umum," kata Sofie berbincang dengan GoRiau.com, usai Kejurkot Catur, Sabtu (21/7/2018) petang.

"Kita sangat berharap, atlet-atlet catur Kota Pekanbaru yang turun di Kejurprov Catur nanti untuk selalu berkonsentrasi serta mampu memberikan hasil yang terbaik dengan meraih prestasi sesuai dengan yang kita targetkan," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Kota Pekanbaru, Zulkarnain Lubis, menginginkan dari kejurkot ini bisa melahirkan atlet-atlet terbaik dan berprestasi untuk Kota Pekanbaru dari cabor catur dan bisa bersaing di tingkat provinsi hingga nasional.

"Nantinya, melalui program Pelatihan Kota (Pelatko), kita akan lakukan pembinaan secara penuh bagi para atlet berprestasi, mulai dari sarana latihan hingga uang pembinaan untuk mendukung peningkatan prestasi," ungkapnya. ***