BENGKALIS -Koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama TNI Angkatan Laut diharapkan dapat terus ditingkatkan dalam wujud pembangunan daerah. Baik dalam fungsi pengamanan wilayah kedaulatan NKRI, maupun mendukung terciptanya iklim kondusif dalam tatanan sosial masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi saat menghadiri peresmian Pos Angkatan Laut Muntai Posmat Bantan Tengah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (19/1/2021).

"Pembangunan pos TNI AL ini menurut kami sangatlah penting dan strategis dalam upaya pengamanan wilayah perairan Bantan Kabupaten Bengkalis dari ancaman kegiatan ilegal yang dilakukan oleh warga Indonesia maupun oleh warga asing," ungkap Abdi.

" Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya sangat berterima kasih kepada bapak Danlanal Dumai beserta seluruh jajaran TNI AL yang selama ini telah banyak membantu membackup masalah keamanan khususnya wilayah perairan Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Menurut Abdi, sebagaimana diketahui bersama bahwa wilayah Kabupaten Bengkalis terdiri dari pulau dan daratan serta memiliki kawasan pesisir dan laut dengan garis pantai sepanjang ± 446 KM.

Kemudian sebelah Utara dan sebagian sebelah Timur berhadapan langsung dengan Selat Malaka sebagai jalur pelayaran internasional paling sibuk di dunia.

"Kabupaten Bengkalis juga berada pada kawasan segitiga pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Singapura (IMS-GT) dan kawasan segitiga pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT)," ujarnya.

"Keberadaan pos TNI AL ke depan dapat bermanfaat bukan hanya segi keamanan, politik dan sosial, akan tetapi juga dapat bersinergi dengan instansi terkait dalam melaksanakan pembinaan masyarakat pesisir melalui pemberdayaan potensi maritim yang dapat dijadikan sebagai penopang kehidupan masyarakat pesisir dalam menjaga kedaulatan NKRI serta pembangunan daerah," pungkasnya.***