DURI - Kawanan gajah liar yang sebelumnya berada di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, membuat warga panik. Hal itu karena, warga ketakutan kebun dan rumah dirusak oleh gajah. Setelah dilakukan pengusiran, gajah yang jumlahnya sekitar 24 ekor ini bergerak masuk ke dalam Hutan Talang.

"Saat ini kawanan gajah berada di seputaran Desa Muara Basung (Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis). Mereka (gajah, red) menunggu waktu yang tepat untuk menyeberang ke Sialang Rimbun," ujar Ketua Hipam (Himpunan Penggiat Alam) Duri-Riau, Zulhusni kepada GoRiau.com, Minggu (7/2/2016).

Ia mengatakan, jumlah kawanan gajah yang sebelumnya 25 ekor, berkurang karena 1 ekor telah mati di Kelurahan Balairaja, Kecamatan Pinggir.

"Setelah menyeberang ke Sialang Rimbun, kawanan gajah ini akan masuk ke hutan Giam Siak Kecil. Ini memang sudah menjadi siklus pergerakan gajah di Kantong Balairaja dan Kantong Giam Siak Kecil," ulasnya.

Dirinya juga memberitahukan, rumah milik Rais di Kelurahan Pematang Pudu, yang sebelumnya dirusak 2 ekor gajah, berangsur diperbaiki.

"Meskipun rumah kayu, saat ini sudah diperbaiki oleh pemiliknya. Kita (Hipam, red) juga terus memantau pergerakkan gajah. Kita mengharapkan, tidak terjadi konflik antara gajah dengan warga," tutup Husni menceritakan.***