LOMBOK TIMUR - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyatakan bahwa Ustaz Abdul Somad memang memiliki ikatan yang kuat dengan umat Muslim.

Oleh karena itu, dia dinilai bisa menjadi kandidat kuat sebagai calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2019.

"Ustaz Abdul Somad itu memang jangkar orang Islam yang paling kuat. Kuat dalam pengertian popularitasnya bisa menciptakan histeria di pemilih Muslim khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Khususnya masyarakat Melayu," katanya seusai menyerahkan bantuan pimpinan dan anggota DPR RI bagi korban gempa di Lombok Timur, Rabu (1/8/2018).

Namun, lanjut dia, persoalan apakah Ustaz Abdul Somad mau menerima pinangan itu atau tidak kembali kepada dirinya. "Itu terserah dia. Kalau dia menganggap harus menjadi jangkar itu sanggup menjalankan amanah itu, ya silakan," katanya.

Fahri mengembalikan lagi kepada kemampuan dari Ustaz Abdul Somad untuk menjadi cawapres.

"Tetapi sekali lagi kembali kepada kemampuannya," katanya.

Dia menyebutkan, sebenarnya yang ditawarkan untuk menjadi cawapres untuk Prabowo Subianto itu ada sembilan orang.

"Dari sembilan itu memang ada jago-jagonya. Yang (popularitasnya) mendekati Ustadz Abdul Somad itu. Yang menciptakan histeria di bawah itu, namanya, Anies Matta," katanya.

Namun, Fahri Hamzah heran karena nama Anis Matta tidak dimasukkan dalam daftar forum. "Itu yang aneh, namanya tidak dimasukkan dalam ijtima ulama," katanya.

"Sekali lagi Ustaz Abdul Somad Cocok, tapi lebih cocok lagi ya Pak Anies Matta," pungkasnya.

Sebelumnya, Forum Ijtima Ulama yang digagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa merekomendasikan ulama asal Riau itu menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo.***