DURI - Sempena hari Buruh internasional atau May Day yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei ini, Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F. SPTI) Bengkalis menggelar kegiatan bhakti sosial di Desa Kuala Alam dan Sungai Alam, kecamatan Bengkalis.

Tidak ada aksi long march atau aksi damai menyuarakan hak-hak buruh, tetapi F. SPTI justru melakukan aksi bersih-bersih 3 Masjid dan 4 Musholla, pengecatan Masjid, penanaman pohon sepanjang Jalan Kuala Alam-Sungai Alam serta penyerahan bantuan kipas angin untuk Masjid.

"Apa yang teman-teman lakukan hari ini sangat luar biasa mulia. Biasanya kegiatan May Day ini penuh dengan suara-suara buruh, tapi hari ini penuh dengan gotong royong, renovasi dan bersih-bersih rumah ibadah. Ini sangat mulia," ungkap Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono SIK kepada GoRiau.com, Senin (1/5/2017).

Menurut Kapolres, profesi buruh ini merupakan profesi yang sangat spesial di mata Dunia, hingga pemerintah menetapkan 1 Mei merupakan hari libur, hari Buruh. "Selamat hari buruh, tanpa buruh Negeri ini tidak mungkin terbangun,"imbuhnya.

Sementara itu, ratusan buruh dari F. SPTI ini sudah berkumpul sejak pukul 07.00 WIB di titik lokasi kegiatan bakti sosial. Mereka terbagi dari beberapa kelompok, mulai yang membersihkan Majid dan Musholla serta renovasi dan penanaman pohon.

Selain Kapolres, hadir Ketua F. SPTI Bengkalis Masuri SH, Penjabat Kades Kuala Alam dan Sungai Alam, Kapolsek Bengkalis AKP Syafril, Pengurus Kadin, serta tokoh masyarakat, agama desa setempat.

"Setiap May Day, F. SPTI selalu mengisi kegiaatan dengan gotong royong. Kita buruh cinta damai, cinta kebersamaan, cinta lingkungan bersih. F. SPTI sendiri sudah menanam puluhan ribu pohon di wilayah Kabupaten Bengkalis," kata Masuri yang akrab disapa Bagong ini. ***