PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi menyebut keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam melayani masyarakat harus ditingkatkan supaya persoalan sampah ini bisa teratasi.

Jika pemerintah memang serius dalam melayani masyarakat, kata Sabarudi, maka dia yakin permasalahan sampah dan lainnya bisa teratasi, tapi jika ada niat mencari keuntungan dari persoalan ini, Sabarudi mengaku pesimis.

"Tapi kalau ada niat lain seperti ambil keuntungan dengan sampah ini, penyelesaian dan penuntasan masalah sampah tidak akan terjadi," ujar Sabarudi, Rabu (13/1/2021).

Dia melanjutkan, keseriusan pemerintah dalan melayani masyarakat ini bisa dimulai dengan menunjuk orang yang berkompeten dan profesional, untuk menduduki jabatan kepala Dinas Lingkungan dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru.

"Kuncinya ikhlas melayani dan profesional, profesional dalam arti mengerti persoalan sampah dan tata kelola sampah," tambahnya.

Sabarudi yang sebelumnya juga pernah menjadi anggota DPRD Pekanbaru pada tahun 2004 silam atau pada masa pemerintahan Walikota Herman Abdullah ini mengungkapkan bahwa pada saat itu juga ada permasalahan sampah, tapi bisa dicarikan solusi oleh pemerintah.

"Kalau dulu ada masalah juga, tapi beda dengan sekarang. Kalau sekarang masalahnya sudah parah sekali. Dulu sering mendapatkan piala Adipura, kalau sekarang kan cuma sekali," pungkasnya. ***