SAMARINDA - Tuan rumah Borneo FC sukses mengalahkan PSM Makassar yang belum lama menjuarai Piala Indonesia pada lanjutan pekan ke-13 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019. Pesut Etam terus menjaga eksistensi dengan meraih kemenangan 2-0 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (10/8/2019).

Babak pertama kedua tim bermain cukup hati-hati. Permainan cantik antara Ambrizal Umanailo dan Abdul Rahman memberikan kontribusi yang baik sehingga bola yang dioper lambung ke Terens Puhiri memecahkan kebuntuan di menit ke 28. 

Beberapa menit berselang tepatnya di menit ke-34, dia kembali menambah keunggulan tuan rumah Borneo FC. Di babak kedua tidak ada gol yang tercipta hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang untuk kemenangan Pesut Etam dengan skor 2-0.

Melihat hasil pertandingan pasukan Ayam Jantan dari Timur yang kalah di laga tandangnya, Pelatih Kepala PSM Makassar Darije Kalezic mengatakan awalnya mereka bisa menguasai bola. Namun karena fisik dan mental yang tidak fit 100 persen membuat mereka kalah dalam pertandingan ini.

“Yang saya pikirkan soal pertandingan ini kita memulainya dengan baik, mungkin sekitar 10 atau 15 menit, dan kalian bisa melihat hal yang terjadi, dimana yang saya takutkan ini. Kita bisa melihat bahwa para pemain secara fisik dan mental tidak penuh 100 persen dalam pertandingan ini,” terang Kalezic. 

Sementara itu, tim tuan rumah Pesut Etam yang berhasil mengalahkan sang juara Piala Indonesia tersebut, sebagai pelatih Borneo FC, Mario Gomez mengakui kehebatan tim asal Makassar tersebut, Namun, ia merasa bahwa timnya lebih unggul dari teknik permainan dan juga pertahanan.

“Saya rasa kami bermain bagus hari ini, baik di babak pertama maupun babak kedua meskipun PSM adalah tim yang sangat kuat dan bagus, juga mereka baru saja menjuarai Piala Indonesia. Tapi, saya juga merasa kalau tim kami bermain bagus. Gol-gol yang tercipta juga bagus juga pertahanan kami yang cukup bagus,” ucap Pelatih Borneo FC, Mario Gomez.

Dengan kemenangan ini, Borneo FC kini menempati posisi 6 besar dengan mengantongi 19 poin, sedangkan tim tamu Juku Eja masih berada diperingkat 12 dengan 13 poin pada klasemen sementara Liga 1. ***