PEKANBARU - Berakhir sudah kebanggaan masyarakat Riau terhadap PSPS. Harapan untuk melahirkan kembali tim Divisi 1 Liga Indonesia nampaknya semakin menjauh pasca dikalahkan tamunya, PSMS Medan dengan skor 3-4 di Stadion Utama Riau, Kamis (22/9/2022).

Perubahan manajemen menjelang liga ternyata tak mampu menyelamatkan PSPS Riau yang sebelumnya merupakan tim yang cukup disegani di Sumatera. Kini, kebanggaan itu hanya menyisakan masa lalu.

GoRiau Pemain PSPS Riau, Yudi Aditya
Pemain PSPS Riau, Yudi Aditya Pratama mencoba melewati pemain PSMS Medan. (foto: hermanto ansam / goriau.com)

Pada pertandingan yang disaksikan ribuan penonton baik langsung ke Stadion maupun dari layar kaca yang disiarkan Indosiar itu, PSPS lagi-lagi jadi ''bulan-bulanan'' sang tamu. Meski pada awal pertandingan nampak PSPS sudah menguasai permainan dengan lebih banyaknya Engerberd Sani berada di pertahanan lawan, namun hasilnya tetap mengecewakan.

Beberapa peluang diciptakan PSPS di awal babak pertama hingga akhirnya menghasilkan gol lewat kaki Rio Hendrawan pada menit ke-20. Namun sayang, tak berselang lama, hanya dalam waktu 7 menit, pemain PSMS Ahmad Ihwan berhasil menyamakan kedudukan lewat sundulan kepada berkat tendangan bebas Ahmad Bustomi. 

GoRiau Rio Hardiawan usai mencetak go
Rio Hardiawan usai mencetak gol pertama untuk PSPS saat menjamu PSMS Medan. (foto: hermanto ansam / goriau.com)

Sebelas menit kemudian, PSMS akhirnya unggu 1-2 lewat tendangan Ahmad Ihwan, disusul gol Fardan Harahap di akhirnya babak pertama sehingga PSMS Medan unggul 1-3.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke 57, Ahmad Ihwan kembali mencetal gol lewat sundulannya yang menerima umpan lambung dari rekan setimnya sehingga kedudukan menjadi 1-4. Tertinggal 1-4, akhirnya suppoter PSPS mengamuk dan melakukan aksi bakar-bakar kursi sehingga pertandingan dihentikan. Namun pertandingan akhirnya bisa dilanjutkan setelah pihak kepolisian berhasil menenangkan massa.

Dan di menit ke-72, PSPS memperkecil ketertinggalan lewat gol Engelberd Sani yang merubah skor menjadi 2-4. Jelang berakhirnya laga, Alif Jaelani kembali memperkecil ketinggalan PSPS Riau menjadi 3-4 lewaT titik penalti. Hingga pertandingan berakhirnya, skor tetap 3-4 untuk kemenanngan PSMS Medan.

Dengan hasil ini, PSMS tetap memuncaki klasemen Liga 2 Indonesia wilayah Barat dengan 13 poin, sementara PSPS Riau tetap menjadi juru kunci dengan point 1 hasil seri dengan Semen Padang. ***