TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menempati peringkat II hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs di Riau pada tahun 2019 ini.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak dan dukungan dari Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati, kita bisa membalikkan keadaan," ujar Jupirman, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing kepada GoRiau.com, Senin (27/5/2019) pagi di Telukkuantan.

Lompatan prestasi Kuansing memang jauh jika dibandingkan hasil UN SMP/MTs pada tahun 2018. Dimana, Kuansing berada di peringkat 12 di Riau. Bukan sebuah kebetulan, tapi Kuansing dari dulu memang dikenal sebagai daerah pencetak SDM, terutama guru.

Dikatakan Jupirman, untuk tingkat SMP, Kuansing malah berada di peringkat I, mengalahkan Kota Pekanbaru. Namun, jika peserta UN dari SMP dan MTs digabung, maka Kuansing berada di peringkat dua.

Ads
"Ini memang sudah menjadi komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Kuansing. Kini, hasilnya sudah terlihat, kita berada di peringkat dua," ujar Jupirman.

Kendati demikian, Jupirman mengharapkan para guru dan semua pihak yang terlibat dalam pendidikan Kuansing tidak cepat berpuas diri. "Kita harus tingkatkan prestasi ini, sehingga menjadi yang terbaik di Riau," katanya.

Prestasi pendidikan ini sekaligus menjadi kado manis untuk tiga tahun pemerintahan Mursini - Halim, yang jatuh pada 1 Juni mendatang.***