MEDAN - Kabar gembira buat pelaku dan masyarakat olahraga Indonesia datang dari Medan. Hal itu terkait dengan pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) akan digelar sesuai jadwal meski di tahun bersamaan dilaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 

"Banyak yang bertanya apakah PON XXI/2024 Aceh-Sumut jadi atau tidak? Dalam Rapat Kabinet Terbatas sudah ditetapkan PON XXI akan dibuka pada 8 September 2024. Pemilu jalan dan semua kegiatan juga harus berjalan. Pada saat Pemilu pun kompetisi tetap berjalan. Tidak boleh konsentrasi terpusat dengan Pemilu," kata Menpora Amali saat membuka Focus Group Discussion (FGD) PON XXI Aceh- Sumut dengan tema Strategi Sumut dan Aceh meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumut, Rabu (8/2/2023).

Tidak terganggunya pelaksanaan PON XXI/2024 dan kompetisi dengan adanya Pemilu ini merupakan terobosan baru dan bukti pemerintah telah memberikan tempat bagi olahraga Indonesia. Sebab, pada saat pelaksanaan Pemilu sebelumnya banyak kompetisi dihentikan. .
Dalam forum ini, Menpora Amali kembali menegaskan bahwa ajang pesta olahraga nasional tersebut tetap berlangsung pada September 2024. Hal ini juga ditegaskan pada sebelumnya saat launching logo, maskot, dan tagline PON di Aceh dan Sumut.

“Jadi ini adalah pengalaman pertama menyelenggarakan PON di dua daerah. Oleh karenanya kita harus terus berkoordinasi. Ini memang tidak mudah, tapi saya yakin kita bisa,” ujar Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali menekankan pelaksanaan PON 2024 harus meraih 4 kesuksesan. Keempatnya yaitu sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi, dan sukses perekonomian. “Jadi kesemuanya itu harus kita capai. Mari kita koordinasikan dengan baik,” jelasnya.

Menpora Amali juga meminta pers ikut berkontribusi dalam menyukseskan PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Sebab, pers memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan diskusi ini menghasilkan pemikiran yang baik dan (pers) berkontribusi untuk kesukseskan Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah PON bersama,” katanya.

Menpora Amali juga mengapresiasi pers yang ikut memberitakan tentang perkembangan olahraga di Tanah Air. Diharap sinergi yang sudah terjalin dengan baik ini bisa terus berlanjut.
“Saya kira secara proporsional olahraga ini sudah mendapatkan pemberitaan media. Oleh karenanya saya juga sangat bahagia teman-teman SIWO PWI menyelenggarakan FGD yang kali ini berdiskusi tentang PON 2024,” tandasnya. ***