MANDALIKA -- Juara World Superbike (WSBK) 2021 Sirkuit Mandalika, Toprak Razgatlioglu, lari dari podium saat tradisi penyemprotan sampanye dilakukan, Ahad (21/11/2021).

Pembalap Muslim asal Turki itu diduga sengaja lari dari podium untuk menghindari terkena sampanye yang mengandung alkohol.

Ini berkaitan dengan tradisi menyemprotkan sampanye. Sementara dua pembalap lainnya yang naik panggung menyemprotkan sampanye ke orang-orang yang berada di podium.

Dikutip dari Sindonews.com, setelah dua minuman beralkohol tersebut habis disemprotkan dua pembalap, Toprak Razgatlioglu pun kembali naik ke podium dengan memasang wajah yang kurang mengenakkan.

Video berdurasi 31 detik yang dibagikan akun resmi Twitter WSBK itu pun menjadi viral.

Juara WSBK 2021

Sirkuit Mandalika menjadi saksi sukses Toprak Razgatlioglu menjadi juara dunia World Superbike (WSBK) 2021. Titel itu dipastikannya dengan finis kedua.

Ini menjadi sejarah tersendiri bagi Razgatlioglu. Pasalnya, dia menjadi pembalap asal Turki pertama yang sukses menjadi juara di ajang balap motor ini.

Berbekal keunggulan 30 poin sebelum Race 1 dimulai, Minggu (21/11/2021), jagoan Pata Yamahan telah memenuhi syarat untuk keluar sebagai juara dunia.

Dengan finis di belakang Jonathan Rea, Razgatlioglu sudah cukup mengamankan statusnya. Artinya, dia menjadi rider pertama yang bisa menjegal andalan Kawasaki Racing itu sejak 2015.

Kini, Toprak masih memuncaki klasemen, dengan koleksi 551 poin, sedangkan Rea berada di bawahnya dengan koleksi 526 poin.

Pada Race 1, Toprak finis di posisi runner up dengan selisih 0,670 detik dari Rea yang berdiri di podium pertama.

Rea bisa saja menyamai jumlah poin Toprak di klasemen pada Race 2. Namun, Toprak tetap mengunci gelar WSBK 2021 karena dirinya memiliki catatan kemenangan lebih banyak dari Rea.***