PEKANBARU - Jelang Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60, Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, membagikan sebanyak 3.500 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Riau.

Hari ini Kamis (16/7/2020) pagi, tim Kejati Riau yang terdiri dari Kajati Riau, Mia Amiati, Wakajati Riau, Daru Tri Sadono, seluruh Asisten, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha, David Pujakesuma, para koordinator, dan lainnya, mendatangi tukang cabut rumput dan caddy golf di Komplek Labersa, Kabupaten Kampar.

Kajati Riau Mia Amiati mengatakan kegiatan bakti sosial itu dalam rangka menyambut HBA ke-60 ini. Kegiatan serupa telah berlangsung sejak beberapa hari lalu, dimulai dari Kejaksaan Agung dan disusul 34 Kejati di Indonesia serta jajaran kejaksaan negeri.

Menurut Kajati, lapangan golf Labersa sudah lama tidak beroperasi karena pandemi Covid-19, jika pun ada tamu yang datang, jumlahnya sangat menurun drastis dibanding waktu sebelum pandemi. Akibatnya, para tukang rumput dan caddy golf, menjadi minim pemasukannya.

"Tidak ada uang tips lagi yang diterima. Mereka juga tidak mendapat bantuan, baik itu sembako ataupun BLT," ujar Kajati di sela-sela kegiatan pemberian bantuan.

Pekerja di sana tidak mendapat bantuan karena tidak terdata. Dengan demikian, Korps Adhyaksa berinisiatif mendata sendiri dan memberikan bantuan seadanya, dengan turut bekerjasama dengan Relawan Covid-19 Riau.

"Ini sumbangsih dari kejaksaan meskipun nilainya tak seberapa," lanjut wanita bergelar doktor itu.

Di kesempatan yang sama, Asisten Intelijen Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto menyatakan, ada beberapa faktor pekerja lapangan golf tidak menerima bantuan dari pemerintah. Di antaranya identitas kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang mereka punya tidak berasal dari Provinsi Riau.

"Kemudian ada juga yang tinggal di Pekanbaru, tapi KTP-nya dari luar," kata mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Semarang itu.

Terakhir Raharjo mengayakan, sejauh ini Kejati Riau telah menyalurkan setidaknya 3.500 paket sembako yang dibagikan dalam rangka HBA ke-60 ini.

"Hari ini (kemarin,red) kita memberikan 150 paket sembako untuk tukang cabut rumput dan caddy golf," tutupnya. ***