SELATPANJANG - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Kepulauan Meranti yang tergabung di kelompok terbang (Kloter) 10 BTH sudah melaksanakan Ibadah Arbain (menunaikan salat 40 waktu berturut-turut) di Masjid Nabawi, Madinah. Dari Madinah, JCH tersebut berangkat ke Mekkah, Kamis (17/08/2017) sekitar pukul 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

JCH asal Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjumlah 80 orang tersebut diangkut dengan menggunakan bus. Mereka dijemput di Hotel Al-Fayrooz Grand. Hotel ini menjadi tempat tinggal JCH kloter 10 selama 8 hari di Madinah. JCH menuju Masjid Dzul Hulaifah di daerah Bir Ali untuk Miqat (berniat umroh dengan mengenakan Ihram).

Waktu tempuh antara Madinah ke Mekkah lebih kurang 6 jam. Informasi ini diperoleh dari salah satu JCH asal Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Meranti H Hasbullah SAg.

Setibanya di Mekkah Jamaah Calon Haji ( JCH) Asal Kabupaten Kepulauan Meranti menempati pemondokan di Hotel Al-Wehdah Tower 1 Sektor 9 yang berjarak sekitar 1.990 meter dari Masjidil Haram. Menurut H Hasbullah, hotel ini termasuk hotel besar sehingga mampu menampung hingga 5.040 JCH sekaligus atau sekitar 15 kloter.

Selama di Mekkah, JCH akan mengerjakan Tawaf, Sai Umroh dan Tahalul.

Disampaikan H Hasbullah lagi, info yang ia terima, secara umum JCH asal Kota Sagu dalam keadaan sehat. Namun, ada beberapa batuk-batuk. JCH pun disarankan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, serta pakai masker.

"Karena di Mekkah lebih berdebu dibandingkan Madinah," ujar H Hasbullah. (rena)