PEKANBARU - PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus mendukung kelancaran arus mudik Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di seluruh ruas tol yang dikelola, tak terkecuali pada jalan tol yang berada di Provinsi Riau.

Seperti diketahui saat ini telah terbentang sepanjang 160 km lebih tepatnya di Ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) dan Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang .

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro meninjau kesiapannya dengan menyusuri secara langsung 2 (dua) ruas tol tersebut mulai Rabu (21/12) hingga Kamis (22/12) untuk mengetes kelancaran dan penyediaan pelayanan yang ada.

Selain menyusuri ruas tol, Koentjoro bersama dengan manajemen HK lainnya yakni EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Dwi Aryono Bayuaji & Branch Manager Tol Pekanbaru–Dumai dan Pekanbaru–Bangkinang Jarot Seno juga turut menyapa pemudik dan melakukan pembagian souvenir berupa tumbler, payung, tongkat tol dan masih banyak merchandise lainnya.

Di sela-sela kunjungannya di Rest Area KM 65, Koentjoro menyampaikan bahwa berbagai persiapan mulai dari pemeliharaan serta penyediaan pelayanan dan fasilitas tambahan dalam memitigasi terjadinya lonjakan di gerbang tol telah dilakukan oleh Hutama Karya.

“Setelah saya cek secara langsung, kedua jalan tol ini sudah siap dilalui dengan aman dan nyaman. Dari sisi keamanan, petugas kami juga telah berkolaborasi dengan kepolisian daerah setempat mendirikan Pos Pengamanan yang terletak di Akses Gerbang Tol (GT) Minas, Akses GT Kandis Utara, Akses GT Pinggir, GT Dumai dan Rest Area KM 45 A, KM 82 B di Tol Permai dan GT Bangkinang di Tol Pekanbaru – Bangkinang. Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga Mobile Reader (MR) asongan,” kata Koentjoro.

Lebih lanjut, Koentjoro juga mengatakan bahwa kedua ruas tol ini telah dilengkapi dengan Rest Area sementara.

“Untuk di Tol Permai sendiri saat ini terdapat 4 (empat) Rest Area Temporary di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, dan KM 82 Jalur A dan B dan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang saat ini sedang dioperasikan tanpa tarif atau masih belum berbayar juga telah dilengkapi oleh Rest Area Mini. Lokasinya terletak di Gerbang Tol (GT) Bangkinang yang didalamnya terdapat tenant makanan, minimarket, toilet, mushola, SPBU Modular dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Koentjoro juga mengatakan, bahwa peningkatan trafik pada (21/12) juga sudah mulai terlihat pada Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dimana terdapat peningkatan sebesar 18,37 jika dibandingkan dengan lalu lintas normal sebelum momen Nataru.

“Kami memprediksi puncak dari arus Nataru ini akan terjadi pada hari Jum’at (23/12), dimana banyak masyarakat yang ingin kembali ke kampung halamannya dari arah Pekanbaru ke arah Dumai atau sebaliknya dan dari Bangkinang menuju arah Sumatra Barat atau sebaliknya,” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.

Untuk kondisi tol terkini, Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan.

Kemudian, memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

"Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat," ucapnya.

Kemudian, dia mengimbau, segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

"Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol," tandasnya. ***