KAMPAR - Kemacetan panjang terjadi di sekitar Jalan Tanjung Sawit, Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kampar, Riau, Rabu (8/3/2023). Kemacetan terjadi hingga satu kilometer akibat aktivitas survei seismik PT Pertamina Hulu Rokan yang menyebabkan jalan menerapkan sistem buka tutup dan antrian.

Menurut keterangan dari seorang supir bernama Yudi, ini merupakan pertama kalinya jalan tersebut mengalami buka tutup akibat kegiatan survei seismik dari perusahaan tersebut. "Ini baru pertama kalinya jalan ini di buka tutup, jadi sangat mengganggu arus lalu lintas di sekitar sini," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kegiatan survei seismik dilakukan untuk merekam daya getaran pengeboran minyak dengan memasangkan pasangan kabel sesmik di sekitar jalan tersebut. Menurut salah satu pekerja, "Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam pengeboran minyak di wilayah ini''.

Untuk diketahui, jalan tersebut merupakan jalur utama warga maupun angkutan buah sawit untuk menuju pabrik, akibatnya, masyarakat merasa dirugikan karena aktifitas usaha mereka sangat terganggu. ***