JAKARTA - Palang pintu Persija Jakarta, Ryuji Utomo, sangat disiplin menjaga stamina meski di masa pandemi. Ia rutin berolahraga selain sepak bola demi menjaga fisiknya agar siap menghaapi Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020.

Intensitasnya pun bertambah setelah Liga 1 2020 diumumkan akan kembali bergulir per Oktober ini. Baru-baru ini, pemain bernomor punggung 4 ini berlatih di alam terbuka. Bahkan ia menamakan latihan tersebut sendiri yakni Ryuji Private Training Camp.

Berlatar belakang alam terbuka di kawasan Mega Mendung, Puncak, Bogor, Ryuji menjalani latihannya. Ia memiliki alasan khusus saat mengambil latihan di sebuah kawasan dataran tinggi tersebut.

Selain tentunya masih dalam kondisi pandemi Covid-19, mantan pemain Arema FC ini juga menilai dataran tinggi baik untuk meningkatkan kondisi fisiknya.

"Apalagi di dataran tinggi kadar oksigennya juga tipis jadinya bagus sekali untuk meningkatkan kondisi fisik dan stamina. Terlebih saat ini dalam status off season dan kompetisi akan kembali lagi. Alasan lain agar saya bisa latihan dengan sesuai protokol kesehatan yang diajurkan pemerintah," ujar Ryuji.

Dalam latihan yang Ryuji jalani, pemain kelahiran Jakarta ini juga terlihat beberapa kali melakukan lari cepat atau sprint di jaur menanjak. Bahkan ia tidak segan berlari dengan mengenakan rompi pemberat di kawasan yang rimbun dan menanjak tersebut.

"Jadi kemarin latihannya ada beberapa fokus yang dijalani terutama fisik. Pertama dimulai dari daya tahan tubuh itu saya latih berlari beberapa kilometer setiap harinya. Selain itu kecepatan juga saya latih kebetulan banyak medan yang menanjak, sehingga sangat efektif bisa melatih kecepatan di medan tersebut," tutupnya.

Tak hanya berlari di kawasan dataran tinggi, Ryuji juga melakukan aktivitas olahraga santai. Ia melakukan yoga bersama sang istri, Shabrina Ayu Utomo. Ryuji dan istri melakukan yoga di tepi sungai yang jernih dan di antara rimbunnya pepohonan. ***