JAKARTA - Kabar baik penjaga gawang Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata disebut sudah terlihat lebih baik dan ikut berlatih bersama skuad Timnas Indonesia lainnya di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Rabu (4/1/2023). Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang biasa di sapa Iwan Bule di akun media sosialnya.

Seperti diketahui, Nadeo mengalami cedera pada menit ke-24 saat timnas Indonesia melakoni laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Filipina di Stadion Rizal Memorial, pada Senin (2/1/2023) lalu, usai bertabrakan dengan seorang pemain tuan rumah.

Terkait cederanya tersebut, Iwan Bule mengaku khawatir dan pasca laga dirinya langsung menghubungi Dokter Timnas untuk mengetahui kondisi terkini Nadeo. "Kemarin kita sama-sama melihat bagaimana benturan itu terjadi yang membuat Nadeo sampai sesak nafas dan harus segera ditarik keluar dari pertandingan. Benturan antara Nadeo dan pemain Filipina kemarin membuat saya khawatir. Begitu pertandingan usai, saya langsung menghubungi Dokter Timnas guna mengetahui kondisi terkini dari Nadeo," tulisnya.

"Alhamdulilah, senang rasanya melihat mereka berlatih dengan semangat meski dini hari tadi mereka baru tiba dari Filipina. Meski cuaca mendung dan lapangan basah sehabis hujan, namun tak menyurutkan semangat para punggawa Timnas Indonesia untuk berlatih sore ini guna persiapan pertandingan melawan Vietnam di babak Semifinal Leg pertama Piala AFF 2022," tambah Iwan Bule

Untuk pertandingan leg pertama menghadapi Vietnam ini, Iwan Bule pun optimis bahwa Indonesia bisa meraih kemenangan. "Saya sangat optimis bahwa kita bisa meraih kemenangan. Tentu saja karena leg pertama ini Timnas akan diperkuat oleh Pemain Keduabelasnya, yaki Suporter. Walau bagaimanapun sepakbola juga urusan mental. Dengan dukungan penuh suporter, mental pemain akan semakin kuat dan bermain penuh percaya diri," tambah Iwan Bule.

STY Tak Menjamin 

Walau sudah bergabung melahap latihan dengan rekan-rekannya, pelatih Shin Tae-yong (STY) tidak menjamin Nadeo Argawinata akan bermain menghadapi Vietnam nanti, meski dirinya menyebut jika kiper Bali United tidak mengalami cedera parah, namun bakal terus memantau kondisi pesepakbola berusia 25 tahun tersebut hingga hari pertandingan.

"Nadeo tidak cedera parah atau serius. Jadi tak ada masalah, tapi lihat saja nanti Nadeo main atau tidak. Kita pantau terus jelang hari pertandingan, kalau masuk starting berarti dia cedera tak serius. Kalau nggak masuk berarti cedera serius," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Selain Nadeo, Timnas Indonesia masih memiliki dua penjaga gawang lainnya, seperti Syahrul Trisna dan Muhammad Riyandi. ***