SIAK- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak mengeluarkan rekomendasi untuk membuka salah satu objek wisata di Kabupaten Siak, Riau yakni Istana Assereyah Hasyimiah atau Istana Siak. Istana Siak ini sudah bisa kunjungi mulai Sabtu (18/9/2021) dengan syarat yang wajib diterapkan oleh instansi yang mengelola Istana Siak dan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni mengatakan dibukannya Istana Siak pada hari ini sudah mendapat rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak yang tertuang dalam surat nomor 100/ST.C-19.S/61, 10 September 2021.

"Dalam surat itu isinya menekankan kepada pihak pengelola agar menerapkan protokol kesehatan dan pengunjung memiliki Aplikasi Peduli Lindungi. Dengan aplikasi peduli lindungi ini, sudah dapat dicek biodata pengunjung. Apakah sudah vaksin atau belum," kata Fauzi Asni kepada GoRiau.com, Sabtu (18/09/2021).

Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, kata Fauzi, sudah menyiapkan sarana pencuci tangan, handsanitizer di sekitar lokasi pembelian tiket dan masuk serta keluar dari area Istana Siak. Untuk pengunjung yang ingin berwisata ke Istana Siak juga diperketat akses masuknya guna memastikan yang datang dan masuk Istana Siak dalam keadaan sehat.

"Saat membeli tiket masuk ke Istana Siak, pengunjung wajib melihatkan kartu vaksin atau swab antigen negatif. Kemudian pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan selama berada di Istana Siak. Tetap harus menerapkan 4M,” tandasnya.

Pemkab Siak sebelumnya memang menutup Istana Siak dengan tujuan, tidak muncul klaster Covid-19 dari Istana Matahari Timur itu. Apalagi kasus Covid-19 di Siak sempat meningkat drastis, sementara Istana Siak salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

"Ditutupnya Istana Siak dalam waktu yang cukup lama sangat berpengaruh pada sumber pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Namun Pemkab juga tidak bisa membuka objek wisata peninggalan bersejarah ini karena resiko terburuk yang dikhawatirkan akan terjadi," katanya lagi.

Kadis Pariwisata Siak ini sangat berharap, semua pengunjung yang datang ke Istana Siak benar-benar harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Tujuannya agar terhindar dari virus yang tidak nampak ini. Kita berharap saat datang dan pulang dari Istana Siak, pengunjung dalam keadaan sehat," tutupnya. (iwa)