JAKARTA – Setelah versi konsepnya muncul di pameran Japan Mobility Show atau JMS 2023, kini Suzuki Swift baru versi produksi akhirnya meluncur di Jepang. Kendaraan perkotaan tersebut kini lebih canggih dan sporty dibandingkan generasi sebelumnya.

Disitat dari Carscoops, Rabu (8/11/2023), meski harga resminya belum diumumkan, namun Suzuki Swift baru sudah bisa dipesan konsumen setempat. Pengumuman harga kemungkinan baru disampaikan awal tahun depan.

Nah, biar kenal lebih dekat, yuk simak spesifikasi Suzuki Swift baru versi produksi!

Secara tampilan, Suzuki Swift baru versi produksi nyaris identik dengan versi konsepnya. Pabrikan tak menambahkan detail atau ornamen tertentu pada kendaraan tersebut. Bahkan, desain velg yang sempat digadang-gadang akan direvisi ternyata masih sama seperti versi konsepnya.

Namun, dibandingkan generasi sebelumnya, Suzuki Swift baru benar-benar berubah total. Mobil perkotaan itu kini punya wajah sporty berkat headlamp atau lampu utama yang lebih tajam, gril dengan pola honeycomb yang tegas, serta lekukan di area bumper yang lebih kekinian.

Suzuki Swift baru menggunakan platform Heartect yang diklaim punya handling baik. Sementara dimensi panjangnya 3.860 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.500 mm dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

Mesin

Suzuki Swift baru tersedia melalui dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Sayangnya, pabrikan belum mengungkap detail spesifikasinya. Mereka hanya menyebut, kendaraan akan memakai mesin Z12E 1.200cc bersilinder tiga yang lebih efisien dan bertenaga.

Fitur

Suzuki Swift baru sudah dibekali fitur canggih seperti layar sentuh hiburan berukuran 9 inch. Sedangkan instrument cluster-nya diganti dengan layar kecil yang berada di area dial analog. Interior kendaraan tersebut turut dihiasi pengatur suhu baru, slot CD, cupholder, soket USB dan rem tangan elektrik dengan fungsi auto-hold.

Dari segi keselamatan, Suzuki Swift baru dibekali radar gelombang milimeter, kamera monokuler, dan sensor ultrasonik, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja dari rangkaian Suzuki Safety Support ADAS. Selain itu ada juga Dual Sensor Brake Support II, kamera monitor omnidireksional, pemantau titik buta, dan peringatan lalu lintas belakang. ***