JAKARTA – Sejumlah negara di dunia berhasil menciptakan rasa aman dan nyaman bagi rakyatnya. Rakyat terbebas dari rasa khawatir akan kejahatan dan bahaya lainnya.

Dikutip dari Sindonews.com, kedamaian di suatu negara diukur melalui Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun oleh Institute for Economics and Peace (IEP). GPI adalah ukuran komprehensif perdamaian global. Laporan ini menggunakan 23 indikator untuk menilai keamanan, konflik, dan militerisasi di berbagai negara.

Indikator-indikator ini mencakup faktor-faktor seperti tingkat kejahatan, stabilitas politik, dan pengeluaran militer untuk memberikan analisis rinci mengenai tingkat perdamaian di seluruh dunia. Setiap negara diberi skor GPI, dan semakin rendah skornya, semakin baik.

Berikut tujuh negara paling damai untuk ditinggali dilansir dari Stars Insider, Ahad (1/10/2023).

1. Islandia

Yang menduduki puncak negara paling damai ditinggali adalah Islandia dengan skor GPI luar biasa sebesar 1,124. Negara kepulauan Atlantik Utara ini menetapkan standar keamanan dan ketenangan, menjadikannya negara teraman di planet ini.

2. Denmark

Denmark berada di posisi kedua dengan skor GPI 1,31. Permata Skandinavia ini tidak hanya terkenal karena pesonanya yang tak lekang oleh waktu, namun juga karena komitmennya yang teguh terhadap keselamatan dan keamanan.

3. Irlandia

Irlandia menempati posisi ketiga dengan skor GPI 1,312. Negara kepulauan yang mempesona ini menawarkan lebih dari sekadar lanskap hijau subur. Irlandia menyediakan surga yang damai bagi penduduk dan wisatawan.

4. Selandia Baru

Selandia Baru menempati posisi keempat dengan skor GPI 1.313. Dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan dan keramahtamahannya yang hangat, tidak mengherankan jika Selandia Baru berada di antara negara-negara teraman secara global.

5. Austria

Austria mengamankan posisi kelima dengan skor GPI 1,316. Negara indah di Eropa Tengah ini terkenal karena bentang alamnya yang tenang dan, yang terpenting, komitmennya terhadap perdamaian.

6. Singapura

Singapura menempati posisi keenam dengan skor GPI 1,332. Negara Asia yang menakjubkan ini secara konsisten masuk dalam 10 negara paling damai, dengan tingkat kejahatan, risiko, dan ketidakstabilan yang rendah

7. Portugal

Portugal yang terletak di Eropa Selatan, menempati posisi ketujuh dengan skor GPI 1.333. Negara ini diakui sebagai salah satu negara teraman secara global, menekankan komitmennya untuk menjaga lingkungan yang aman.***