JAKARTA - Breanna Lockwood sudah berusaha untuk bisa hamil, namun selalu gagal. Akhirnya, Breanna dan suami memutuskan menggunakan ibu pengganti untuk mengandung jabang bayinya.

Dikutip dari detikcom yang melansir Good Morning America, ibunya Breanna, Julie Loving, kemudian menawarkan diri untuk menjadi ibu pengganti. Kini, wanita berusi 51 tahun itu pun tengah mengandung cucunya (anaknya Breanna) dan diprediksi akan melahirkan cucunya sendiri pada 12 November mendatang.

''Aku merasa ibuku adalah orang paling dekat denganku dari pada tubuhku sendiri. Ibuku ingin menjadi seorang nenek sebesar aku ingin menjadi seorang ibu, jadi dia melakukan apapun yang ia bisa,'' tutur Breanna.

Breanna dan suaminya sudah cukup lama menantikan anak. Breanna pun ingin secepatnya mengandung terlebih kakeknya tengah menderita penyakit. Tapi setelah setahun mencoba punya momongan secara natural, berbagai usaha belum membuahkan hasil hingga pasangan tersebut mengunjungi klinik kesuburan dan mempertimbangkan surogasi.

''Berjuang dengan ketidaksuburan adalah hal terberat yang pernah aku lewati. Ketika kamu punya rencana dalam hidupmu lalu sesuatu seperti ketidaksuburan menghalangi. Aku tidak bisa melihat apa yang aku bayangkan lagi, bahwa itu bisa diambil dariku,'' ujarnya.

Meski usianya sudah lebih dari 50 tahun, Julie sendiri merasa masih sehat dan bisa mengandung cucunya. ''Aku mulai bicara dengannya mengenai itu. Dia awalnya tidak setuju dan berpikir aku gila tapi aku tetap membujuknya. Aku sudah berlari maraton 19 kali dan melakukan banyak triathlon. Secara kesehatan aku merasa bisa melakukannya dan kehamilanku dengan dua anak ketika itu dijalani dengan mudah,'' kata Julie.

Di bulan Februari, transfer embrio pun mulai dilakukan dan sebulan kemudian Julie dikonfirmasi bisa hamil dengan anak dari putrinya. Mengenai bagaimana reaksi calon anak Breanna nanti ketika tahu ia dilahirkan oleh neneknya, mereka sudah punya rencana.

''Kami akan sangat terbuka dengan dia di usia yang sangat muda dan mengatakan padanya ketika kami merasa dia bisa mengerti. Dan mengatakan saja yang sebenarnya,'' tambah Julie.***