JAYAPURA -- Seorang manteri kesehatan yang bertugas di Puskesmas Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Gilbert Sokoy, belum ditemukan hingga saat ini. Gilbert hilang setelah kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang dan membakar Puskesmas Kiwirok pada Senin (13/9/2021) lalu.

Dikutip dari Liputan6.com, Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan, aparat keamanan bersama warga masih melakukan pencarian terhadap Gilbert Sokoy.

''Belum ada jejak atau tanda-tanda tentang keberadaan yang bersangkutan,'' kata AKBP Cahyo, Kamis (16/9/2021).

Dituturkan Kapolres, dari laporan yang diterima, saat KKB pimpinan Lamek Taplo melakukan pembakaran, para nakes berupaya melarikan diri dengan berpencar, termasuk dua nakes wanita yang jatuh ke dalam jurang.

Namun semuanya sudah ditemukan kecuali Gilbert Sokoy, kata Cahyo seraya menambahkan, saat ini seluruh nakes yang bertugas di Kiwirok sudah berada di pos Yonif 403/WP, dan segera dievakuasi menggunakan helikopter Caracal milik TNI-AU ke Jayapura.

Diberitakan sebelumnya, KKB pimpinan Lamek Taplo terlibat kontak tembak dengan aparat keamanan Senin (13/92021). Mereka juga menyerang warga sipil termasuk tenaga kesehatan yang saat insiden sedang melayani masyarakat.

KKB juga dilaporkan membakar sejumlah fasilitas umum seperti Puskesmas, gedung SD dan kantor kas Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua serta rumah warga.***