SOLOK -- Warga Kabupaten Solok, Sumatera Barat, digemparkan dengan tertangkapnya seekor hewan aneh di kantor DPRD setempat beberapa hari lalu.

Hewan tersebut dianggap aneh karena memiliki kepala seperti babi, namun kukunya panjang-panjang dan tajam mirip kuku beruang.

Dikutip dari Sindonews.com, hewan aneh tersebut ditangkap Hendro, anggota Satpol PP Kabupaten Solok dalam gedung kantor DPRD Kabupaten Solok.

Setelah berhasil ditangkap, hewan yang bulu di badannya dominan berwarna hitam bercorak putih tersebut, dimasukkan ke dalam kerangkeng besi dan diserahkan ke BKSDA Kabupaten Solok.

Penangkapan hewan aneh dan langka ini, berawal saat Hendro yang sedang berpatroli di gedung kantor DPRD Kabupaten Solok. Saat itu dia melihat seekor hewan aneh melintas di dalam kantor dan bersembunyi di bawah meja.

''Melihat hewan itu, akhirnya saya tangkap dan bawa pulang. Saat ini saya beri makan umbi-umbian, pisang, dan dedauanan hingga nasi,'' ujar warga Jorong Sukarami, Nagari Koto Gadang Guguak, Kabupaten Solok itu, kemarin.

Keberadaan hewan aneh tersebut sontak menjadi tontonan warga setempat. Mereka penasaran dengan bentuknya yang dianggap langka.

''Kami masih menunggu BKSDA Resort Solok, untuk menyerahkan hewan aneh dan langka itu agar bisa dikembalikan ke habitatnya,'' imbuh Hendro.***