JAKARTA - Kabar melegakan datang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pemain ganda putra andalan Indonesia ini dinyatakan sembuh dari Covid-19 menyusul dua kali swab test PCR-nya menunjukkan hasil negatif.

"Puji Tuhan saya sudah dua kali swab test dan hasilnya negatif. Terima kasih untuk semua doa dan dukungannya. Selanjutnya saya akan memulihkan kondisi dan mulai kembali berlatih dalam beberapa hari ke depan," tutur Kevin kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

Hasil negatif didapatkan setelah pemain kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur, 2 Agustus 1995 ini menjalani dua kali tes di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tes pertama pada Sabtu, 9 Januari hasilnya negatif.

Sesuai protokol kesehatan, untuk membuktikan dirinya sembuh, Kevin pun wajib kembali melakukan tes kedua dengan interval antara 24 jam hingga 72 jam dari tes sebelumnya. Pada tes kedua yang dilakukan pada Senin, 11 Januari di tempat yang sama, hasilnya melegakan. Hasil tes Kevin negatif dari Covid-19.

"Saya menyarankan kepada semua untuk tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku," tambah Kevin.

Menurut dokter Octaviani, dokter di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, setelah dua kali terakhir hasilnya negatif, dan juga sudah lewat dari 21 hari dari pertama kali terjangkit virus pada 20 Desember, Kevin sudah bisa latihan kembali.

"Dia sudah dua kali tes dengan hasil negatif dan sudah lewat 21 hari, jadi sebenarnya Kevin sudah bisa latihan lagi," sebut dr Octaviani.

Ditambahkan oleh kepala pelatih ganda putra Pelatnas Cipayung, Herry Iman Pierngadi, setelah sembuh, Kevin akan segera berlatih kembali. Info yang dia dapatkan dari Marcus Fernaldi Gideon, kedua anak didiknya itu akan segera berlatih kembali.

Kronologis Kevin Terjangkit Covid

Dituturkan Kevin, awal gejala dirinya terinfeksi Covid-19 sebenarnya sudah dirasakan sekitar medio Desember tahun lalu. Saat itu, dia mulai tidak bisa mencium bau makanan. Saat makan pun terasa hambar dan sedikit flu.

Pada 20 Desember 2020, pemain berusia 25 tahun ini, melakukan swab test PCR di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, dengan hasil positif. Kevin pun kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah dan tidak lagi bergabung dengan teman-teman di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

Tes kedua kembali dijalani Kevin di tempat yang sama pada 28 Desember. Hasilnya tetap positif terinfeksi oleh virus SARS CoV-2 tersebut.

Ketika Kevin kembali melakukan tes usap ketiga di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tanggal 31 Desember 2020, hasilnya juga tetap positif.

Karena tiga kali tes menunjukkan hasil positif, Kevin pun tidak bisa tampil ke Bangkok, Thailand. Bersama Marcus Fernaldi Gideon, pasangan berjulukan Minions ini pun urung untuk mengikuti tiga turnamen Leg Asia di pembuka 2021 di Negeri Gajah Putih. ***