TELUKKUANTAN - Harga bahan olahan karet (bokar) di tingkat petani di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada minggu ini sebesar Rp12.317 per Kg. Hal itu berdasarkan hasil lelang yang dilakukan Asosiasi Petani Karet Kuansing (Aparkusi) pada Ahad (19/9/2021) malam.

Menurut Sepriadi, Ketua Aparkusi Kuansing, hasil lelang bokar tingkat petani mengalami penurunan sebesar Rp104 jika dibandingkan dengan harga minggu lalu. Minggu lalu, harga karet Kuansing sebesar Rp12.421 per Kg.

"Hasil lelang pada 19 September 2021, harga bokar di tingkat petani UPPB/Poktan/Gapoktan/koperasi sebesar Rp12.317 per Kg, mengalami penurunan sebesar Rp104 dari minggu lalu," ujar Sepriadi, Selasa (21/9/2021) pagi di Telukkuantan.

Kendati mengalami sedikit penurunan, kata Sepriadi, harga karet di Kuansing masih menjadi yang tertinggi Riau. Hal itu tidak terlepas dari upaya Aparkusi untuk menjaga kualitas bokar yang dilelang.

"Kita akan terus melakukan pembinaan kepada petani yang tergabung dalam Aparkusi, agar kualitas karet ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Kalau kualitas bagus, tentu harga juga bagus," ujar Sepriadi.***