TELUKKUANTAN - Dari 4.927 orang pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, hanya 73 orang yang mencapai passing grade. Sementara, 189 orang lainnya sudah gugur sebelum berperang karena tidak ikut ujian CAT.

Dikatakan Sekda Kuansing Dianto Mampanini, jumlah pelamar CPNS yang lulus administasi sebanyak 5.116 orang. Kuansing sendiri sudah melaksanakan tes pada 6-8 November 2018 di Pekanbaru.

"Peserta yang masuk passing grade memang rendah sekali, jika dibandingkan dengan kuota yang diberikan pemerintah pusat," ujar Dianto kepada GoRiau.com, Selasa (13/11/2018) di Telukkuantan.

Rendahnya tingkat kelulusan CPNS tidak hanya terjadi di Kuansing. Tapi, juga terjadi di seluruh daerah di Indonesia. Karena itu, lanjut Dianto, Pemkab Kuansing masih menunggu info dari pemerintah pusat.

"Ada wacana akan dilakukan sistem ranking. Tapi ini masih sebatas wacana dan kita tunggu sikap pemerintah pusat," jawab Dianto saat ditanya tahapan seleksi CPNS selanjutnya.

Jika tidak dilakukan sistem ranking, maka dapat dipastikan bahwa kuota CPNS Kuansing tidak terpenuhi pada tahun 2018 ini. ***