PEKANBARU - Berkunjung dan menyaksikan langsung pembukaan Porprov XV Sumbar 2018 di Kabupaten Padang Pariaman, KONI Kota Pekanbaru mendapatkan sejumlah trik bagaimana menjadi tuan rumah Porprov dengan anggaran yang minim.

Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil mengungkapkan, dari kunjungan Senin (19/11/2018) kemarin, ia mendapatkan beberapa pandangan untuk menyiapkan diri menjadi tuan rumah pada Porprov X Riau yang akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

"Dari hasil pandangan kita, Kabupaten Padang Pariaman memiliki cara yang cukup efisien sebagai tuan rumah Porprov XV Sumbar dengan anggaran minim, yakni biaya akomodasi dan konsumsi para atlet diurus secara pribadi oleh setiap kontingen," tuturnya.

Kemudian untuk venue pertandingan, lanjut Anis, KONI Padang Pariaman sebagai tuan rumah berkoordinasi langsung dengan pengprov setiap cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

"Jadi, sebgai tuan rumah, KONI Padang Pariaman hanya melakukan kooridinasi dengan pengprov untuk venue pertandingan. Intinya, setiap kontingen kabupaten/kota secara mandiri mengurus para atlet dan tim kontingennya," ungkapnya.

Anis menjelaskan, KONI Padang Pariaman sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov XV Sumbar 2018, hanya menyediakan tempat untuk penginapan bagi setiap kontingen dari kabupaten/kota.

"Hanya tempat saja, sedangkan untuk keperluan para atlet akan diurus dan ditanggung oleh setiap kontingen," kata Anis kepad GoRiau.com, Selasa (20/11/2018).

"Dengan begini, pembinaan dan pengelolaan olahraga termasuk pelaksanaan Porprov bisa digelar dengan maksimal meski dengan keterbatasan anggaran," sebutnya.

Masih kata Anis, dari kunjungan ini, ada beberapa pandangan yang mungkin bisa diterapkan oleh KONI Pekanbaru yang nantinya akan menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terkabar di Provinsi Riau tahun 2021 nanti.

"Mungkin tidak semua akan kita terapkan, hanya beberapa saja. Karena, kita mempertimbangkan untuk tetap menjaga kualitas dan prestasi olahraga di Riau," tutupnya. ***