BATHIN SOLAPAN-Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, LC, M.E., Sy  beserta Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis menghadiri pengukuhan dan pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Rokan Hilir (Ikrohil) Duri periode 2022-2027 di Ball Room Hotel Surya Duri, Desa Balai Makam, Kecamatan Bathin Solapan, Sabtu (7/1/2023).

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H. Khairul Umam mengucapkan selamat dan tahniah kepada Ketua Ikrohil Duri periode 2022-2027 Sanusi, SH, MH beserta pengurus dan berharap dapat menjalankan amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. 

GoRiau Ketua DPRD Bengkalis, H. Khair
Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, LC, M.E., Sy berbincang dengan Gubernur Riau, H. Syamsuar.

"Kita berharap pengurus yang dilantik bisa bekerja dengan baik agar masyarakat Rohil yang ada di Duri ketika ada kemalangan, sakit atau lainnya bisa terbantu oleh pengurus Ikatan Keluarga Rokan Hilir yang dipimpin Yung Sanusi. Masyarakat Rohil di Duri juga cukup banyak, tentu saja ikatan - ikatan ini sangat diperlukan dan kita doakan semoga Ikrohil semakin maju dan berjaya," tutur Ketua DPRD Bengkalis.

Acara pengukuhan dihadiri Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Bengkalis yang diwakili Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahli Toharudin, Bupati Rokan Hilir diwakili Asisten II Rahmatul Zamri, S.Sos, Tokoh Perempuan Ikrohil Duri yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Riau Dr. Karmila Sari, S.Kom, MM serta tamu undangan lainnya. 

GoRiau Ketua DPRD Bengkalis, H. Khair
Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, LC, M.E., Sy memberi ucapan selamat kepada pengurus Ikrohil Duri yang dilantik.

Pemersatu Negeri

Sementara Bupati Bengkalis, Kasmarni diwakili Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Toharuddin mengharapkan keberadaan Ikrohil Duri masa bakti 2022-2027 dapat mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati mengucapkan selamat dan tahniah kepada ketua umum Ikrohil Duri yang baru saja dilantik beserta pengurus diharapkan dapat mengemban amanah untuk berbakti di Negeri Junjungan. 

GoRiau Ketua DPRD Bengkalis, H. Khair
Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, LC, M.E., Sy menghadiri pelantikan Pengurus Ikrohil Duri, Sabtu (7/1/2023).

"Kami yakin dan percaya di bawah kepemimpinan Ketua Umum Sanusi mampu memperoleh keberhasilan dan suksesnya pembangunan yang dijalankan saat ini dan tidak akan terwujud jika tidak diawali dengan rasa kebersamaan," ujar Bupati seperti dibacakan Toharuddin.

Bupati menambahkan, dengan telah dikukuhkan ketua beserta pengurus Ikrohil tentu akan menjadi perekat dan pemersatu antara berbagai suku ras dan etnis. "Mari kita jadikan Ikrohil Duri sebagai pemersatu bagi kokohnya persatuan dan kesatuan Negeri Junjungan," ajaknya. 

GoRiau Ketua DPRD Bengkalis, H. Khair
Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam, LC, M.E., Sy foto bersama Gubernur Riau, H. Syamsuar dan pengurus Ikrohil Duri.

Keberadaan Ikrohil Duri Kabupaten Bengkalis diharapkan mampu bersinergi dan menuangkan pemikiran dalam meningkatkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Bengkalis.

 "Kami berharap keberadaan Ikrohil untuk terus mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam upaya meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik," tutup Bupati seraya mengajak melalui pelantikan Ikrohil Duri untuk terus galang kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam bentuk hubungan silaturahmi yang kokoh.

Jaga Solidaritas

Dalam pada itu Gubernur Riau H. Syamsuar berpesan bahwa warga Rohil terus menjaga solidaritas dimana pun berada. Kekompakan perlu dijaga, kalau ada perbedaan agar jangan sampai merugikan kekeluargaan.

“Jadi artinya kalau ada sesuatu yang menyangkut kepentingan pribadi itu kita pinggirkan dulu. Jika sudah di unsur kemasyarakatan ini disisihkan dulu hal lainnya, karena kita perlu menjaga kekompakan kita. Karena kita sama-sama orang Rohil, kalau bukan kita siapa lagi yang membesarkan nama Rohil," pesan Gubri.

Sebelumnya Ketua Umum Ikrohil Duri terpilih yang juga Anggota DPRD Bengkalis, Sanusi dalam sambutannya juga mengimbau agar tetap menjaga keharmonisan sesama masyarakat Ikrohil yang ada di Kabupaten Bengkalis maupun yang ada di Kota Duri dan sekitarnya.

"Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang ada di Kabupaten Bengkalis harus bersama-sama menjaga hubungan yang harmonis, kita tahu bahwa banyak orang Rokan Hilir yang ada di Kabupaten Bengkalis memiliki peran penting dalam membangun Kabupaten Bengkalis," ucapnya.

Menurut Sanusi, memang proses kepengurusan Ikatan Keluarga Rokan Hilir  Duri 2022-2027 ada dinamikanya. Namun eksistensi Ikrohil yang sudah lebih kurang 17 tahun ada di Duri selalu memberikan kontribusi ke seluruh masyarakat di sini.

“Eksistensi itu telah kami buktika,n ya mungkin saya sudah banyak bercerita, kami di sini sangat kompak sekali," ujarnya.

Ia mengambarkan aspek kehidupan sosial masyarakat Rohil di Duri. Pertama, dari aspek sosiologis dan pendidikan untuk masyarakat Rokan Hilir yang ada di Duri ada lima orang pemuda-pemudinya yang mendapatkan gelar doktor.

Kemudian Sanusi juga mengungkapkan bagi masyarakat Rohil yang ada Duri ini memiliki banyak aktivitas sebagai pengajar dan tenaga pendidik.  Jenjang pendidikan masyarakat Rohil yang ada di kota Duri ini terbilang aktif serta pada bidang seni dan budaya juga aktif.

“Saya berharap kepada kita semua jaga solidaritas kita untuk memberikan eksistensi bisa memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis ini. Jangan sampai kita terpecah belah," tutupnya. (adv/ail)