TELUKKUANTAN – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Suhardiman Amby berkomitmen mendukung pelaksanaan ghayo onom di Kenegerian Koto Tuo Baserah. Karena itu, ghayo onom menjadi salah satu iven pariwisata Kuansing.

"Saya berharap tradisi ini menjadi agenda yang akan terus diselenggarakan di Kecamatan Kuantan Hilir, karena seperti yang kita lihat masyarakat begitu antusias mengikuti acara ini hingga selesai," ujar Suhardiman, Rabu (17/4/2024) siang, saat menghadiri ghayo onom di Baserah.

Pada tahun 2024 ini, ghayo onom Kenegerian Koto Tuo Baserah menjadi salah satu agenda pariwisata Kuansing berbasis festival budaya. Dalam pelaksanaannya, masyarakat menyajikan berbagai atraksi budaya, mulai dari iring-iringan empat suku hingga penampilan seni budaya.

Menurut Suhardiman, festival ghayo onom memiliki banyak nilai, mulai dari nilai budaya, nilai seni, agama dan sosial kemasyarakatan.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan ghayo onom dan kita harus terus melestarikannya," ujar Suhardiman.

Festival budaya ghayo onom ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Riau Yoserizal Sen. Selain itu, juga dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing.***