PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Sunaryo meminta agar keempat partai pemenang pileg di Riau, mempercepat proses penunjukan pimpinan dewan periode 2019-2024, segera setelah pelantikan yang akan dilakukan 6 September mendatang.

Dikatakan Sunaryo, pimpinan dewan ini dibutuhkan secepatnya, untuk menggesa pembahasan APBD murni 2020.

"Membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) ini membutuhkan ketua definitif. Kita tidak bisa memprediksi siapa karena partai pemenangnya itu Golkar, PDIP, Demokrat dan Gerindra. Maka kita minta secepatnya ditunjuk, supaya pembahasan APBD 2020 bisa segera dibahas dimasa transisi," kata Sunaryo, Kamis (29/8/2019).

Politisi PAN tersebut menjelaskan, untuk saat ini, pihaknya di Badan Anggaran (Banggar) masih berupaya menyelesaikan pembahasan APBD murni 2020 sebisanya. Sebab, masa tugas anggota dewan periode 2014-2019 akan berakhir sebentar lagi.

"Kita bahas yang mana sampainya saja, dilanjutkan dengan dewan baru nanti. Dengan catatan, pimpinan dan sebagainya itu cepat juga ditunjuk," jelasnya.

"Kalau cepat penunjukan dari Golkar nanti, maka tidak ada masalah. Tapi kalau lambat, itu yang was-was kita. Karena batasan ketuk palu APBD murni itu sampai 30 November," tukasnya.***