PEKANBARU - Gebrak Masker atau gerakan bersama memakai masker dilaksanakan serentak seluruh Indonesia usai upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus. Untuk pelaksaanaannya di Riau, Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan secara simbolis masker yang akan dibagikan untuk masyarakat kepada Tim Penggerak PKK dan Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Riau.

Ketua TP-PKK Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar pun turun langsung memimpin tim PKK dalam pembagian masker kepada masyarakat tersebut. Setidaknya ada sebanyak 50 orang kader PKK berpencar membagikan masker di seputaran tugu perjuangan Jalan Diponegoro Pekanbaru.

"Alhamdulillah pembagian masker ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat," ujar Misnarni di lokasi pembagian masker, Senin (17/8/2020).

Dijelaskan Misnarni selain membagikan masker. Tim PKK dan IKAPTK mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, selalu mencuci tangan dan sabun dengan air mengalir. 

Sementara Person in Change (PIC) Gebrak Masker Wilayah Riau Syahrial Abdi mengatakan masker inu meeupakan sumbangan dari berbagai pihak seperti perusahan, lembaga sosial masyarakat, BUMD dan lain sebagainya.  Ditargetkan 5 juta masker akan di distribusikan di seluruh Riau. 

"Pemberian masker ini bukan hanya simbolis saja tetapi juga dalam rangka edukasi atau penyuluhan kepada masyarakt manfaat menggunakan masker saat pandemi Covid-19," ujarnya.

Rencana besok tim Gebrak Masker akan membagikan masker ke Siak selanjutnya, Rabu 19 Agustus 2020 melanjutkan pembagian masker ke Kabupaten Kampar. ***