NAIROBI - Seorang gadis berusia 12 tahun di Narok County, sebelah barat Ibu Kota Kenya; Nairobi, dinikahi dua pria dalam kurun waktu satu bulan.

Dikutip dari Okezone.com, mulanya gadis malang itu dipaksa ayahnya menikah dengan pria berusia 51 tahun.

Kemudian, gadis kecil itu berhasil melarikan diri dari pria gaek tersebut. Namun, dia kembali dikawinkan paksa oleh ayahnya dengan pria berusia 35 tahun.

Gadis beliau tersebut akhirnya berhasil diselamatkan oleh seorang juru kampanye hak-hak anak dan pejabat pemerintah.

Di Kenya, menikahi seseorang yang berusia di bawah 18 tahun adalah kejahatan.

Seorang juru kampanye hak-hak anak mengatakan, dia diberi tahu tentang gadis itu ketika sedang dalam proses menyelamatkan gadis lainnya.

''Sang ayah memberikannya kepada lelaki tua itu untuk menikah. Dia tidak punya pilihan selain menikah dengan lelaki itu,'' kata Joshua Kaputah dari Narok County Peace Association kepada BBC yang dikutip Kamis (16/7/2020).

Kaputah menambahkan, bahwa kemiskinan dan penutupan sekolah karena pandemi virus corona baru (Covid-19) telah berperan dalam meningkatnya kasus perkawinan anak.

''Beberapa keluarga lapar dan prospek menerima dua atau tiga ekor sapi sebagai mahar cukup menggoda,'' katanya.

Pandemi Covid-19 sekarang menyebar dengan cepat di bagian benua Afrika yang berpenduduk 1,3 miliar orang ketika sistem kesehatan dunia yang pendanaannya paling buruk mulai menghadapi apa yang telah diperingatkan para ahli selama ini; mereka akan cepat kewalahan.***