DURI - Jalan Hangtuah depan Jalan Stadion dan Jalan Jendral Sudirman tepatnya di depan Ford Duri Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau menjadi langganan banjir saat hujan turun. Air yang menggenang baru bisa surut setelah 3 jam hujan reda.

Camat Mandau, Djoko Edy Imhar mengatakan penyebab banjir itu karena drainase yang buruk serta kontur tanah yang melengkung. Sehingga air hujan yang menggenangi Jalan akan lambat surut dari permukaan Jalan.

"Kita sudh lakukan cek dilapangan, dan sudah kita sampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar dapat menindaklanjuti permasalahan drainase ini. Karena jika sudah banjir akan mengganggu kenyamanan pengguna Jalan. Drainasenya memang harus dinormalisasi," kata Camat kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Kamis (27/4/2017).

Camat juga menjelaskan, untuk normalisasi drainase itu sudah pernah dibahas dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kecamatan. Sehingga pada tahun depan akan terfokus pada normalisasi drainase ini.

Selain drainase yang buruk dan juga kontur tanah yang melengkung pembuangan akhir dari parit-parit yang ada di Kecamatan Mandau belum diketahui muaranya sehingga air yang tergenang tadi menjadi lambat untuk surutnya.

"Kita sama ketahui juga beberapa drainase penuh sampah sehingga alirannya tertutup dan membuat air parit tak dapat tertampung saat hujan turun. Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan parit dan juga tidak menutup parit yang ada karena jika sudah banjir maka yang rugi tetap masyarakat sekitar juga," himbau Djoko. ***