PEKANBARU - Seluruh ritel Alfamart yang ada di Kota Pekanbaru diperingatkan untuk tidak lagi memajang alat kontrasepsi atau kondom di meja kasir. Hal itu dikhawatirkan akan merusak generasi muda ke ''jurang'' seks bebas.

"Seharusnya tidak dipajang di depan kasir, diletakkan di belakang kasir, jika anak-anak atau remaja yang membeli, pihak kasir juga harus mempertanyakan," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru, Mulyadi, Senin (22/11/2021).

Lebih lanjut politisi PKS ini mengatakan, dia sudah memantau beberapa retail Alfamart yang ada di Kota Pekanbaru dan menemukan adanya alat kontrasepsi yang dipajang di meja kasir, layaknya permen dan cokelat.

"Seharusnya alat-alat itu diletak di belakang kasir. Saya lihat alat itu (kontrasepsi) diletakkan di depan kasir, ketika ditanya kenapa diletak di depan, orang Alfamart bilang itu kebijakan manajemen," jelasnya.

Mulyadi juga mengaku tercengang ketika mendapatkan jawaban dari sang kasir, karena kondom dengan berbagai merek tersebut bisa dibeli oleh siapa saja.

"Bahaya ini untuk generasi muda, seharusnya manajemen menyesuaikan tempat. Ini Kota Pekanbaru, Kota Madani yang menjunjung nilai agama. Kalau mengobral alat kontrasepsi seperti itu, seperti mendukung seks bebas, kita minta segera ditata kembali dan letakkan alat kontrasepsi di belakang (kasir)," tegasnya. ***