BANGKINANG - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar, Muslim berwacana memaksimalkan sebaik mungkin pelayanan terhadap masyarakat.

Muslim ingin melakukan berbagai terobosan untuk pelayanan yang selama ini masih dipandang kurang optimal. Apalagi menurutnya, pesan Bupati Kampar yang tidak menginginkan adanya keterlambatan dalam kepengurusan administrasi masyarakat di Disdukcapil yang ia pimpin saat ini.

"Kami (Disdukcapil Kabupaten Kampar, red) akan melakukan berbagai terobosan untuk mengatasi yang selama ini menjadi keluhan masyarakat. Insyaallah kami akan membuat terobosan-terobosan pelayanan terbaik," kata Muslim, Rabu (14/11/2018).

Lebih lanjut Muslim, berbagai terobosan yang akan dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan dengan sistem jemput bola, seperti melakukan perekaman di desa-desa, mendatangi perusahaan-perusahaan perkebunan, dan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah bagi pemilih pemula serta kerja sama dengan masyarakat.

Selain itu kata Muslim, Disdukcapil Kampar dalam penerbitan akte kelahiran bagi anak yang lahir di rumah sakit langsung akan mendapatkan akte kelahirannya.

Dan ia juga berusaha membangun kerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Kampar. Ini dilakukan agar bagi setiap warga yang menikah akan bisa diterbitkan kartu keluarga dengan metode three in one. Dimana setiap yang menikah mendapatkan kartu keluaraga, e-KTP dengan status menikah.

"Inilah beberapa hal terobosan yang akan kita lakukan dalam mengadakan perubahan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat dalam rangka memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat Kampar khususnya," ujar Muslim. ***