BANGKINANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar, hanya mampu mencetak 200 e-KTP perhari. Tapi kalau hanya merekap, akan dilayani berapapun yang masuk.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Disdukcapil melalui Sekretaris Disdukcapil Kampar Muslim kepada GoRiau.com, Selasa (21/11/2017) siang tadi. ''Kita hanya mampu mencetak 200 e-KTP perhari, karena nanti kalau dipaksakan, blangkonya itu bisa keriting," katanya.

Muslim menambahkan, kalau merekap e-KTP, berapa pun dalam sehari bisa dilayani. "Kalau merekap blangko e-KTP dalam sehari itu berapapun kita tampung," kata Muslim.

Muslim juga menghimbau kepada masyarakat Kampar, jika ingin mencetak e-KTP di Dusdukcapil, terutama yang jauh dari Kota Bangkinang, dipersilahkan datang lebih pagi. "Saya menghimbau kepada warga yang jauh dari Kota Bangkinang, silahkan datang lebih pagi,'' imbaunya.

Karena, kata Muslim, antrian pengurusan eKTP cukup panjang. "Kalau datang kesiangan, nanti yang sudah jauh-jauh datang tidak mendapatkan jatah untuk mencetak, karena setiap hari pada jam tujuh pagi sudah dipenuhi oleh warga mendatangi Disdukcapil untuk mencetak e-KTP," kata Muslim.

Dari pantauan di kantor Disdukcapil Kampar di Jalan A Rahman Saleh, Bangkinang, ratusan warga setiap hari terlihat memadati halaman kantor Disdukcapil Kampar sejak pagi. Mereka berebut mendapatkan antrian lebih cepat hanya untuk mencetak e-KTP dan pengurusan dokumen kependudukan lainnya. ***