SIAK SRI INDRAPURA - Dinas Pendidikan Kabupaten Siak sudah melayangkan surat ke seluruh sekolah untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar jika kondisi udara semakin tidak sehat akibat kabut asap yang tebal.

Hal itu dikatakan Bupati Siak, Drs H Alfedri saat meninjau lokasi kebakaran lahan di wilayah Kampung Rawang Air Putih dan Tasik Betung, Siak, Sabtu (10/8/2019) kemarin. 

"Sudah ada instruksi dari Disdik untuk meliburkan siswa jika kondisi kabut asap semakin membahayakan dengan catatan sudah berkordinasi ke Dinas Pendidikan. Apalagi, kabupaten tetangga juga banyak lahannya yang terbakar," kata Alfedri.

Kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Siak, Riau semakin mengkhawatirkan. Kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan baik dari Siak maupun Kabupaten tetangga sudah dilevel tingkat bahaya. 

Sebagian wilayah sudah diatasi dan terus dilakukan upaya pendinginan, seperti di kampung Merempan, Paluh, Dosan, dan di wilayah Kecamatan Dayun. Termasuk titik api yang baru muncul di Benteng Hilir.

Tak lupa ia pun menyampaikan apresiasi ke semua pihak termasuk jajaran TNI/Polri yang telah berperan aktif dalam penanganan karhutla secara intens. 

Ia berharap terus dilakukan upaya pencegahan dan tindakan yang berkesinambungan, agar kebakaran tidak meluas dan bisa padam secara total.***