TELUKKUANTAN - Ikatan Guru TK Indonesia - Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melaksanakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Kabupaten Kuansing, Kamis (16/9/2021). Acara yang dilaksanakan di Balai Adat Telukkuantan dibuka langsung Bunda PAUD Kuansing, Wella Andi Putra.

Wella mengapresiasi pelaksanaan Porseni IGTKI-PGRI tingkat Kabupaten Kuansing. Menurutnya, kegiatan ini merupakan persiapan Kuansing untuk mengikuti Porseni IGTKI tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan di Kota Dumai, 12-14 Oktober mendatang.

"Guru sangat berperan penting dalam perkembangan anak usia dini, sebab guru adalah teladan, khususnya dalam penanaman karakter anak," kata Wella.

Sehingga, melalui kegiatan ini para guru TK punya kesempatan untuk mengembangkan kreatifitas dan bisa diaplikasikan saat mendidik anak. "Karena itu, kami mendukung pelaksanaan kegiatan Porseni IGTK-PGRI ini."

"Tentunya, kami juga berharap, para pemenang nantinya bisa mengharumkan nama Kuansing di ajang Porseni Provinsi Riau. Kemudian, menjadi wakil Riau untuk Porseni tingkat nasional. Jujur, saya bangga dengan IGTK yang melaksanakan Porseni, apalagi mengangkat tema tentang kelestarian budaya daerah," kata Wella.

Sementara itu, Ketua IGTKI-PGRI Kuansing, Roza Novita menyatakan Porseni merupakan program nasional yang dilaksanakan sekali empat tahun. Untuk tingkat kabupaten tahun ini, ada 10 kecamatan dengan tujuh cabang perlombaan.

"Alhamdulillah, acara berjalan dengan sukses. Ada tujuh cabang lomba yakni menyanyi duet, tari kreasi, gerak dan lagu, senam irama dengan alat, permainan anak ciptaan guru, MTQ dan finger painting," ujar Roza.

Hasil dari Porseni ini, Kecamatan Inuman juara I menyanyi duet, untuk tari kreasi, gerak dan lagu dan senam irama dengan alat dimenangkan Kecamatan Kuantan Tengah. Kemudian, permainan anak ciptaan guru dan finger painting dimenangkan kontingen Gunungtoar. Sedangkan lomba MTQ dimenangkan Kecamatan Kuantan Hilir.

Dengan telah selesainya kegiatan ini, Roza mengucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD, Wella Mayangsari Andi Putra yang telah mendukung Porseni. Begitu juga dengan Ketua PGRI Kuansing, Fahmilus yang juga hadir pada acara tersebut.***