PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 100 veteran pejuang kemerdekaan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menerima insentif masing-masing sebesar Rp500 ribu sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam menghargai jasa mereka bersamaan dengan peringatan hari Pahlawan 10 November 2013.

Pemberian insentif tersebut diserahkan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Pekanbaru, Minggu (10/11/2013).

''Pemberian santunan bagi 100 veteran itu merupakan agenda tetap tiap tahun, dan anggaran insentif itu dialokasikan dalam APBD Kota Pekanbaru,'' kata dia.

Didampingi Kepala Dinas Sosial dan Pemakanan Kota Pekanbaru Hj Husminar Abdullah, ia mengatakan tiap tahun Pemkot Pekanbaru terus mengalokasikan insentif terkait, dan tahun 2013 ini meningkat menjadi Rp500 ribu.

Insentif tahun 2013 ini meningkat dibandingkan pemberian pada tahun 2012 hanya Rp300 ribu per veteran itu.

"Kita berharap tiap tahun akan ada peningkatan namun tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan APBD Kota Pekanbaru," ucapnya, berharap.

Ia mengatakan, menurut Undang-undang No 7 tahun 1967 antara lain menyebutkan bahwa veteran adalah para pejuang yang berperang membela Tanah Air-nya tanpa cela.

Sedangkan personel yang berjuang membela negara dan bangsa Indonesia melalui peperangan melawan musuh negara lain disebut veteran perang.

"Oleh karena itu, kita patut berterimakasih atas jasa-jasa mereka dan ucapan tersebut antara lian bisa disampaikan melalui pemberian santunan," tuturnya.

Kabid Bantuan Soial Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru Netti Ennita mengatakan, peringatan Hari Pahlawan 10 November 2013 juga dirangkaikan dengan tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan serta seminar tentang ''Pahlawanku Idolaku''. (ant)