TELUKKUANTAN - Sebanyak 342 orang Calon Kepala Desa (Cakades) yang bertarung di 94 desa mengikrarkan untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang damai. Pilkades akan digelar secara serentak pada 11 September mendatang.

Tidak hanya itu, mereka juga menyatakan siap menang dan siap kalah. Sumpah itu dinyatakan saat apel Deklarasi Pilkades Damai, Senin (2/9/2019) pagi di Lapangan Upacara Pemda Kuansing.

Apel deklarasi damai ini dipimpin oleh Wakil Bupati Kuansing, H. Halim dan disaksikan Kapolres Kuansing AKBP M Mustofa, Kajari Kuansing Hari Wibowo, SH, MH dan Ketua PN Telukkuantan.

"Deklarasi ini tidak hanya sekedar seremial saja, tapi benar-benar menjadi komitmen para calon Kades. Bertarunglah secara ksatria," ujar Halim dalam sambutannya.

Halim mengingatkan bahwa Kuansing adalah negeri yang beradat. Masyarakatnya selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat. Adat-istiadat selalu menjadi pedoman.

"Hendaknya nilai-nilai norma adat istiadat tidak luntur dan jadi pedoman. Jangan sampai terjadi perpecahan akibat Pilkades. Siapapun terpilih, itu merupakan pilihan terbaik masyarakat," tutup Halim.***