PEKANBARU - Dalam waktu dekat, Tim Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Provinsi Riau akan melakukan tes narkoba terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution dalam rapat tim terpadu bersama seluruh unsur pemerintah, BNN, TNI, Polri, dan Kejaksaan, serta Bea Cukai di Ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau, Senin (2/9/2019).

"Pelaksanaan tes urin ini kita lakukan dalam langkah awal untuk memberikan efek jera terhadap ASN yang menggunakan narkoba. Tes urin ini nantinya akan bekerjasama dengan BNNP Riau, Polda Riau dan Korem 031/Wirabima," kata Edy Nasution.

Contohnya, dikatakan mantan Komandan Korem 031/Wirabima, ada delapan Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau yang terbukti menggunakan narkoba saat tes urin.

"Saya langsung memberikan rekomendasi untuk dipecat terhadap 8 orang THL Dispora Riau tersebut. Rekomendasi pemecatan ini berlaku terhadap ASN juga, tidak hanya THL. Karena, tidak ada ampun bagi siapa saja yang menggunakan narkoba, apalagi menjadi pengedar," ungkap Edy Nasution.

Edy Nasution juga menegaskan, tes urin ini berlaku untuk kepala dinas, asisten, staf ahli, artinya ia sendiri pun ikut tes urin tersebut juga. Tes urin ini diharapkan secara menyeluruh dilakukan di kabupaten dan kota di Riau.

"Nantinya, tidak hanya ASN dan THL di Pemprov Riau saja. Tapi di Pemerintah Kabupaten dan Kota, juga dilakukan hal yang sama," jelas Edy Nasution. ***