BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir H Suyatno didampingi Sekdakab Drs H Surya Arfan Msi, Ketua DPRD H Nasrudin Hasan, Ketua LPTQ H Syafrudin, Ketua MUI, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH melepas pawai takbir Idul Adha 1440 Hijriah di halaman kantor BPKAD di Jalan Merdeka Bagansiapiapi.

Pelepasan pawai takbir ditandai dengan pemukulan beduk dan gema takbir diawali barisan OPD di lingkungan Pemkab, Mesjid, musholla, ormas Islam serta barisan pelajar yang menampilkan miniatur mesjid, kabah dan hewan qurban.

HRijalul Fikri SE, Camat Bangko sekaligus ketua panitia pawai takbir Idul Adha 1440 hijriah menyebutkan peserta berasal dari dinas, instansi permerintah, ormas Islam, pelajar SMP dan SMA. ''Pesertanya cukup banyak, biasanya dinilai dengan beberapa kriteria,'' sebut Camat Bangko ini.

Start dimulai dari Jalan Merdeka, lalu ke Jalan Pahlawan, Bangko, Perwira dan finish kembali di Jalan Merdeka tepatnya di depan kantor BPKAD Rohil. Ribuan masyarakat menonton barisan peserta pawai di sisi kiri dan kanan jalan yang dilalui.

Ads
''Pawai takbir Idul Adha dan Idul Fitri merupakan agenda rutin untuk syiar Islam. Semangat peserta cukup tinggi ditandai dengan banyaknya peserta,'' ujar Bupati Rohil H Suyatno. Namun seperti biasa usai acara maka sampah berserakan dimana-mana sehingga membuat petugas kebersihan dari Badan Lingkungan Hudup berjibaku membersihkan kota Bagansiapiapi. ***